Saturday, November 21, 2009

PENUNTUN SAAT TEDUH PRIBADI 23-29 November 2009

“Dahsyatnya Doa!”

“Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan,
sangat besar kuasanya,”
-Yakobus 5:16b-

Sumber: e-4M abbalove

Senin, 23 November 2009
Kuasa Doa Membutakan Mata Musuh
Firman hari ini: II Raja-raja 6:8-23

Pengajaran:
Apa yang akan Anda lakukan jika berada dalam situasi sulit? Siapakah yang akan Anda andalkan ketika tidak ada seorang pun yang dapat menolong? Jika Anda berada dalam situasi yang dialami oleh nabi Elisa dan Gehazi bujangnya, maka Anda akan mengetahui jawabannya. Doa… itulah jawabannya. Pada suatu pagi, Gehazi bangun dari tidur dengan mata yang masih merah, namun penuh ketakutan karena ada sepasukan tentara besar sedang mengepung mereka, Gehazi langsung berteriak ketakutan, "Celaka tuanku! Apakah yang akan kita perbuat?"(II Raja-raja 6:15). Tetapi nabi Elisa yang mengandalkan Tuhan melalui doa dan iman berkata pada bujangnya, "Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai mereka," (ayat 16). Lalu, Elisa berdoa, “Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat," (ayat 17). Maka TUHAN pun membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa. Apa yang menjadi masalah Anda hari ini? Berserulah kepada Tuhan dan lihatlah dengan mata iman Anda bahwa bala tentara Tuhan berada di sekeliling Anda.


Selasa, 24 November 2009
Doa Jemaat Mula-Mula Menggoncangkan Tempat Mereka Berdoa
Firman hari ini: Kisah Para Rasul 4:23-31

Pengajaran:
Owen Murphy menulis sebuah buku yang sangat menakjubkan tentang kuasa doa, “Bila Allah Melangkah Turun Dari Sorga.” Di dalam buku itu dikisahkan tentang doa seorang anak muda yang menantang Tuhan dengan doanya, “Tuhan, Engkau adalah Allah yang memegang Perjanjian. Engkau berjanji untuk mengirimkan hujan ke atas tanah yang kering. Saya haus akan hujan RohMu untuk memuaskan jiwa yang dahaga ini. Sebelum saya duduk, namaMu dipertaruhkan ya Tuhan. Jawablah saya.” Ketika ia duduk, lawatan Allah datang seperti angin besar yang melanda tempat di mana mereka berdoa. Orang-orang yang mabuk, mereka yang ada di meja perjudian, di bar-bar, di gedung-gedung bioskop, bertobat dari dosanya dan dengan airmata bercucuran berlutut memohon ampun pada Tuhan. Dalam waktu yang singkat, puluhan ribu orang bertobat dan memenuhi tempat-tempat kebaktian dan ruang-ruang doa. Dari situ penginjilan mengalir ke tempat terpencil di seluruh dunia.
Rindukah tempat dimana Anda berada saat berdoa juga mengalami kuasa doa? Tuliskan apa yang Anda dapatkan dari pencerahan Tuhan tentang kuasa doa ini! Alami tempat dimana Anda berdoa (di rumah, di kantor, di kampus, di sekolah, di lingkungan Anda) mengalami kegoncangan akibat kedahsyatan doa.


Rabu, 25 November 2009
Doa Petrus Menyembuhkan Eneas dan Membangkitkan Dorkas
Firman hari ini: Kisah Para Rasul 9:32-43

Pengajaran:
Dalam buku “Secangkir Sup bagi jiwa Anda 3,” Timotius Adi Tan mengutip kata-kata terakhir dari orang-orang yang sudah hampir meninggal dunia. “Saya tidak percaya ada sorga dan neraka, tetapi sekarang saya percaya, namun itu sudah terlambat,” demikian kata Thomas Scott. Sedangkan Mao Tze Tung berkata, ”Saya mau bertemu dengan Allah.” Berbeda dengan kata-kata John A. Lyth yang sudah menyerahkan dirinya kepada Yesus, “Apakah ini yang disebut kematian? Ini jauh lebih indah daripada kehidupan! Katakan kepada semua orang bahwa aku mati dengan penuh kebahagiaan dalam Yesus.” Namun pengalaman seperti itu tidak terjadi pada Dorkas, sebab ketika Dorkas meninggal dunia, justru Simon Petrus berdoa dan membangkitkan dia dari kematian. Mengapa? Karena ada kuasa di dalam doa.


Kamis, 26 November 2009
Roti yang Berlipat Ganda Karena Kuasa doa & Firman Tuhan
Firman hari ini: II Raja-raja 4:42-44

Pengajaran:
Kuasa Tuhan tidak dapat dibatasi oleh keterbatasan manusia sepanjang sejarah dunia. Ketika seseorang berdoa dan menerima firman Tuhan, maka ketaatan akan menghasilkan mukjizat Tuhan. Salah satu mukjizat yang menakjubkan terjadi adalah Tuhan melipatgandakan dua puluh roti jelai untuk memberi makan seratus orang lebih. Ketika Elisa menyuruh bujangnya untuk menghidangkan dua puluh roti jelai kepada seratusan tamu yang hadir di rumah Elisa, maka bujangnya heran. Karena kaget dan heran, bujang itu berkata, "Bagaimanakah aku dapat menghidangkan ini di depan seratus orang?" (II Raja-raja 4:43). Tetapi, karena ketaatan bujang tersebut menghasilkan berkat berlimpah: ada roti yang tersisa bagi mereka. Jikalau Anda ingin mengalami kuasa Allah, maka berdoalah. Sebab kuasa doa dan firman Allah akan menghasilkan mukjizat yang dahsyat.


Jumat, 27 November 2009
Nabi Samuel Lahir Karena Doa Hana
Firman hari ini: I Samuel 1:1-28

Pengajaran:
Beban berat apakah yang seringkali dialami oleh seorang wanita mandul? Penderitaan batin. Mengapa? Karena kitab suci menjelaskan kepada kita tentang bagaimana penderitaan batin yang dialami Hana. Di dalam penderitaan batinnya yang dalam, Hana berdoa, "TUHAN semesta alam, jika sungguh-sungguh Engkau memperhatikan sengsara hamba-Mu ini dan mengingat kepadaku dan tidak melupakan hamba-Mu ini, tetapi memberikan kepada hamba-Mu ini seorang anak laki-laki, maka aku akan memberikan dia kepada TUHAN untuk seumur hidupnya dan pisau cukur tidak akan menyentuh kepalanya,"(I Samuel 1:11). Sungguh-sungguh heran, Hana berdoa dengan mulut yang komat-kamit sehingga imam Eli menganggap Hana sudah gila. Namun Hana menjawab, "Bukan, tuanku, aku seorang perempuan yang sangat bersusah hati; anggur ataupun minuman yang memabukkan tidak kuminum, melainkan aku mencurahkan isi hatiku di hadapan TUHAN. Janganlah anggap hambamu ini seorang perempuan dursila; sebab karena besarnya cemas dan sakit hati aku berbicara demikian lama." (I Samuel 1:15-16). Hasil doa Hana adalah kelahiran nabi Samuel. Bagaimana dengan Anda? Rindukah Anda mengalami jawaban doa yang dahsyat tanpa mengucapkan kata-kata doa yang indah?


Sabtu, 28 November 2009
Gempa Bumi Terjadi Karena Kuasa Doa Paulus & Silas
Firman hari ini: Kisah Para Rasul 16:19-40

Pengajaran:
Pernahkah Anda merasakan gempa bumi? Jika Anda belum pernah mengalaminya, maka renungkanlah sebentar gempa bumi yang pernah terjadi di negeri kita baru-baru ini. Ketika terjadi gempa pada hari itu, semua penghuni hotel-hotel adan apartemen-apartemen bertingkat berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Bahkan ada yang turun dengan handuk yang masih melilit di badan, karena tidak sempat mengambil barang apapun. Sebab gedung apartemennya bergoyang dengan kencang selama beberapa menit, sehingga semua penghuni pada ketakutan. Nah... gempa bumi yang sama pun pernah terjadi pada malam hari di penjara di mana Paulus dan Silas sedang berada dengan kaki yang terbelenggu dalam pasungan yang kuat. Mengapa terjadi gempa? Karena kuasa doa Paulus dan Silas. Saat mereka memuji dan menyembah Tuhan dengan suara yang kedengaran kepada semua tahanan yang lain, terjadi gempa yang telah membuat pintu-pintu penjara terbuka dan semua belenggu terlepas. Itulah kuasa doa. Apa yang menjadi belenggu Anda hari ini, maukah Anda melihat kuasa doa?


Minggu, 29 November 2009
Usia Raja Hizkia Bertambah 15 Tahun Karena Kuasa Doa
Firman hari ini: II Raja-raja 20:1-10

Pengajaran:
Pada masa ini, banyak berita melalui berbagai media yang menawarkan tentang apakah yang harus kita lakukan untuk memperpanjang usia kita. Dan semua orang berlomba-lomba untuk menjalaninya. Tetapi ada satu kisah di dalam Alkitab tentang doa raja Hizkia yang usianya diperpanjang 15 tahun gara-gara ia berdoa kepada Tuhan. Lalu, Tuhan berfirman kepada Hizkia demikian, “Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN. Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau,” (II Rja-raja 20:5-6). Itulah kuasa doa. Ketika kabar kematian diberikan kepada Hizkia bahwa ia akan meninggal, tetapi doa yang dinaikkan kepada Allah justru dijawab oleh Allah dengan menambahkan umur panjang kepada Hizkia. Bagaimana dengan kuasa doamu?
Sudah sadarkah Anda bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang dahsyat dan ajaib bahkan dapat melakukan perkara-perkara yang mustahil. Rindukah Anda menerima pencerahan Tuhan tentang kuasa yang dilimpahkannya kepada semua orang percaya? Buatlah komitmen untuk mengalaminya sekarang.

No comments: