Wednesday, January 23, 2008

RENUNGAN AWAL TAHUN

Mulai hari ini...

Mulai hari ini aku tidak akan kuatir lagi tentang masa lalu.
Masa lalu telah berlalu dan masa lalu tidak akan pernah berubah.
Namun, aku dapat berubah jika aku mau memilih untuk berubah.

Mulai hari ini aku tidak akan kuatir lagi tentang hari esok.
Esok akan tetap di sana, menungguku untuk melakukan yang terbaik baginya
Namun aku tidak dapat melakukan yang terbaik untuk hari esok tanpa melakukan yang terbaik untuk hari ini.

Mulai hari ini aku akan menghargai setiap waktu dalam hidupku.
Aku menghargai karunia yang dilimpahkan Tuhan kepadaku di dunia ini
dan aku tidak akan egois untuk membagikannya kepada orang lain.
Aku akan menggunakan karunia yang Tuhan berikan kepadaku
untuk menolong kehidupan orang lain.

Mulai hari ini aku akan hidup seolah-olah aku akan mati besok.
Aku hidup sekarangi juga, aku melangkah sekarang juga.
Keputusasaan tidak kuijinkan menodai gambar diriku yang positif,
kerinduanku untuk hidup maksimal atau kemampuanku untuk mengasihi.

Mulai hari ini aku berjalan dengan iman yang diperbaharui dalam kebaikan manusia.
Tidak lagi mengingat-ingat apa yang telah hilang sebelumnya,
aku percaya bahwa ada harapan bagi masa depan yang lebih cerah dan lebih baik.

Mulai hari ini aku akan membuka pikiran dan hatiku.
Aku akan menyambut pengalaman-pengalaman baru. Aku akan bertemu orang yang baru.
Aku tidak akan menuntut kesempurnaan dari diriku sendiri maupun orang lain: kesempurnaan tidak ada di dunia yang tidak sempurna.
Namun aku akan berjuang memberikan yang terbaik dariku
dan menghargai setiap usaha untuk mengatasi kekurangan manusia.

Mulai hari ini aku akan belajar sesuatu yang baru;
aku akan mencoba sesuatu yang berbeda;
aku akan menghadapi tantangan kehidupan dengan semangat keberanian
dan keteguhan hati untuk terus maju.
Aku akan mengubah apa yang dapat kuubah
dan menerima apa yang tidak dapat kuubah.
Aku akan berjuang sekuat tenaga untuk menjadi yang terbaik yang aku mampu
untuk Tuhan... orang lain... dan untukku.

Mulai hari ini... dan setiap hari.

No comments: