Monday, May 24, 2010

PENUNTUN SAAT TEDUH PRIBADI 24-30 Mei 2010

Hidup yang Tuhan Rancangkan

"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau,
dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau,
Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa,"

-Yeremia 1:5-

Senin, 24 Mei 2010
Allah Telah Memanggil Anda Sejak di Kandungan Ibu
Firman hari ini: Yeremia 1:4-19

Pengajaran:
Tahukah Anda bahwa Tuhan sudah mengenal Anda sebelum Anda dibentuk dalam rahim seorang ibu? Dan Ia telah memilih Anda sebelum Anda keluar dari kandungan ibu? Ia telah menetapkan Anda untuk melayaniNya. Namun sayangnya, masih banyak orang yang ragu akan panggilannya. Banyak alasan yang mereka kemukakan kepada Tuhan sebagai dalih untuk tidak mentaati panggilan Tuhan tersebut. Pengalaman inilah yang dialami oleh Yeremia, ketika Tuhan berfirman bahwa ia dipilih menjadi nabi. Yeremia berdalih dengan kata-kata, "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda,"(Yeremia 1:6). Jika Ia yang telah memanggil Anda untuk dipakai olehNya, Ia juga yang akan menyertai hidup Anda. Renungkan Firman Tuhan hari ini dengan sungguh-sungguh, biarkan Tuhan berbicara lewat FirmanNya kepada Anda. Tuliskanlah rhema yang Anda dapat!


Selasa, 25 Mei 2010
Harga Sebuah Panggilan
Firman hari ini: Yeremia 20:7-18

Pengajaran:
Untuk menerima Yesus, kita tidak perlu membayar apa-apa. Tetapi untuk melayani Dia, pasti ada harga yang harus kita bayar. Mengapa? Yeremia memberikan contoh tentang bagaimana membayar harga panggilan Tuhan tersebut. Harga yang dibayar itu ada hubungannya dengan panggilan. Yeremia berteriak, “Engkau telah membujuk aku, ya TUHAN, dan aku telah membiarkan diriku dibujuk; Engkau terlalu kuat bagiku dan Engkau menundukkan aku. Aku telah menjadi tertawaan sepanjang hari, semuanya mereka mengolok-olokkan aku. Sebab setiap kali aku berbicara, terpaksa aku berteriak, terpaksa berseru: "Kelaliman! Aniaya!" Sebab firman TUHAN telah menjadi cela dan cemooh bagiku, sepanjang hari.,” (Yeremia 20:7-8). Yeremia membayar harganya setiap hari, ia dipukul, dipasung, bahkan nyawanya nyaris terancam. Namun kita melihat janji Tuhan atas hidupnya, bahwa Tuhan selalu menyertai Yeremia untuk melepaskan dia (Yeremia 1:19). Hal ini mengingatkan kita akan perkataan Yesus, "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku,”(Lukas 9:23). Sudahkah Anda membayar harga atas panggilan Anda? Jangan takut, sebab Yesus adalah Imanuel yang menyertai kita setiap saat. Doakan orang-orang yang berusaha untuk melarikan diri dari panggilan Tuhan, agar mereka kembali.


Rabu, 26 Mei 2010
PILIHAN DI TANGAN KITA SENDIRI
Firman hari ini: Yeremia 13:1-11

Pengajaran:
Bacaan Firman Tuhan hari ini berbicara tentang perumpamaan ikat pinggang yang lapuk. Sebuah ikat pinggang yang selalu melekat pada raja, akan menjadi barang yang terhormat. Apabila ikat pinggang tersebut tidak dilekatkan kepada raja, tetapi malah memilih ditempatkan di tempat lain atau digunakan untuk fungsi yang lain, maka ia menjadi tidak berguna. Hak pilihan yang sama diberikan oleh Allah kepada umat-Nya. Tuhan berfirman kepada Yeremia, “Sebab seperti ikat pinggang melekat pada pinggang seseorang, demikianlah tadinya segenap kaum Israel dan segenap kaum Yehuda Kulekatkan kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN, supaya mereka itu menjadi umat, menjadi ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku. Tetapi mereka itu tidak mau mendengar," (Yeremia 13:11). Bangsa Israel lebih memilih mengikuti kedegilan hatinya, enggan mendengarkan perkataan Tuhan dan mengikuti allah lain, oleh sebab itu kehancuran pun datang melanda mereka. Pilihan juga ada di tangan Anda, apakah Anda mau menjadi ternama, terpuji dan terhormat atau malah hancur-hancuran? Apakah Anda mau memilih rencana Tuhan atau rencana Anda pribadi?
Berjalanlah dalam rencana Allah yang semula bagi Anda.


Kamis, 27 Mei 2010
KUNCI BERBAHAGIA
Firman hari ini: Yeremia 7:21-28

Pengajaran:
Banyak orang pergi ke gunung-gunung, ke tempat-tempat yang jauh untuk menemukan kebahagiaan. Namun sesungguhnya, jika kita ingin berbahagia, maka kuncinya cuma satu: Dengarkanlah suara Tuhan! Tuhan berkata, “hanya yang berikut inilah yang telah Kuperintahkan kepada mereka: Dengarkanlah suara-Ku, maka Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umat-Ku, dan ikutilah seluruh jalan yang Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu berbahagia!,”(Yeremia 7:23). Ternyata di dalam Alkitab sudah tertulis kunci untuk mendapatkan kebahagiaan, namun banyak orang yang tidak mau mendengar dan memberi perhatian kepada perintah Tuhan itu, sebaliknya mereka mengikuti rancangan hatinya sendiri. Mari, dengarkanlah suara Bapa di sorga dan lakukanlah perintahNya, maka Anda akan berbahagia. Temukan penghalang-penghalang yang membuat Anda tidak bisa mendengar dan mentaati perintah Tuhan sehingga Anda tidak dapat mengalami kebahagiaan yang sejati. Tuliskan komitmen Anda!


Jumat, 28 Mei 2010
MENGANDALKAN TUHAN
Firman hari ini: Yeremia 9:23-26

Pengajaran:
Pernahkah Anda mendengar cerita humor tentang tiga anak kecil yang bangga dengan ayah mereka? Anak yang pertama berkata bahwa ia bangga karena ayahnya adalah seorang pejabat tinggi. Anak yang kedua lebih bangga lagi karena ayahnya adalah penasihat presiden yang terkenal. Lalu, anak yang ketiga berkata, “Ayahku lebih hebat dari semua karena ia selalu bercakap-cakap dengan Tuhan sebelum berkotbah.” Ia adalah anak seorang pendeta. Meskipun humor, namun ada benarnya juga. Siapakah yang Anda andalkan dan banggakan di dalam hidup ini? Harta atau gelarkah? Paulus berkata, "Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan," (I Korintus 1:31).
Masihkah Tuhan yang Anda andalkan dalam hidup hari-hari ini? Renungkan Firman Tuhan hari ini. Tuliskan rhema apa yang Anda dapat secara pribadi dari Firman Tuhan hari ini.


Sabtu, 29 Mei 2010
JAWABAN TERHADAP KELUHAN YEREMIA
Firman hari ini: Yeremia 12:1-17

Pengajaran:
Pernahkah Anda mengeluh tentang sesuatu hal? Atau Anda bertanya-tanya tentang berbagai peristiwa yang terjadi di dunia yang menimpa umat Tuhan, tetapi Tuhan seakan-akan tidak peduli? Jika Anda pernah melakukan hal itu, maka marilah kita bergabung dengan Yeremia dalam kelompok yang sama. Tuhan yang telah menjawab pertanyaan Yeremia pasti menjawab kita juga. Ketika melihat berbagai gejolak ketidak adilan yang terjadi, Yeremia mengadu, “Engkau memang benar, ya TUHAN, bilamana aku berbantah dengan Engkau! Tetapi aku mau berbicara dengan Engkau tentang keadilan: Mengapakah mujur hidup orang-orang fasik, sentosa semua orang yang berlaku tidak setia? Engkau membuat mereka tumbuh, dan mereka pun juga berakar, mereka tumbuh subur dan menghasilkan buah juga. Memang selalu Engkau di mulut mereka, tetapi jauh dari hati mereka,”(Yeremia 12:1-2).
Sudahkah Anda mendapatkan jawaban Allah atas pergumulan Anda? Marilah kita jadikan renungkan Firman Tuhan hari ini sebagai sebuah refleksi pribadi kita dengan Tuhan dan biarkanlah Dia berbicara secara khusus kepada Anda.


Minggu, 30 Mei 2010
RANCANGAN TUHAN ADALAH YANG TERBAIK
Firman hari ini: Yeremia 29:1-14

Pengajaran:
Ada rancangan yang baik; ada rancangan yang lebih baik dan ada rancangan yang terbaik. Dengan hikmat manusia, kita bisa memilih rancangan yang baik saja, tanpa bertanya kepada Tuhan. Dengan doa dan pergumulan yang sungguh-sungguh, kita dapat berjalan dalam rancangan Tuhan yang lebih baik. Tetapi untuk mendapatkan rancangan Tuhan yang terbaik dan tetap berjalan di dalamnya membutuhkan ketekunan, kesabaran dan keyakinan yang teguh. Mengapa? Karena Tuhan berbicara melalui Yeremia, “Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,”(Yeremia 29:12-13). Ini sangat membutuhkan konsistensi. Jika kita rindu untuk mendapatkan yang terbaik, maka Ia akan memberi diri untuk ditemukan oleh kita.
Pernahkah Anda meragukan kesetiaan Tuhan kepada Anda? Tahukah Anda tentang rancangan Tuhan yang terbaik itu bagi Anda? Tuliskanlah. Rindukah Anda berjalan dalam rencana Tuhan yang terbaik? Lakukanlah.

No comments: