Sunday, February 8, 2009

5 Bahasa Kasih

DARI KITA UNTUK KITA

Menjelang Valentine Day alias hari kasih sayang, biasanya kita akan banyak menjumpai simbol hati, warna pink, serta atribut bunga dan coklat di tempat-tempat umum. Bagi sebagian orang, Valentine Day memang momen yang tepat untuk mengekspresikan kasih sayang. Apa saja sih sebenarnya bentuk pengungkapan kasih sayang itu?

Gary Chapman menjabarkan dalam bukunya, bahwa ada 5 jenis bahasa kasih, yaitu:

1. Words of Affirmation (Perkataan Membangun)
Ada beberapa orang yang merasa disayang lewat perkataan. Kata-kata positif,dorongan semangat, dan pujian membuat mereka merasa dicintai. Lidah kitamempunyai kuasa untuk membangkitkan atau menjatuhkan seseorang. Kata-kata yang membangun bukan hanya digunakan saat seseorang sedang "down", tetapi juga bisa berupa pujian ketika seseorang melakukan hal yang baik.

2. Gifts (Pemberian Hadiah)
Dari dulu, gift atau kado selalu diberikan sebagai tanda sayang. Tetapi, adaorang-orang tertentu yang sangat senang dan merasa dicintai jika mereka menerima pemberian atau kado dari orang yang spesial dalam hidup mereka. Kado yang diberikan bukan untuk menutupi atau menghilangkan kesalahan Anda, tetapi harus tulus sebagai tanda kasih dan menunjukkan kalau Anda ingat akan mereka dan ingin mereka memiliki kado tersebut karena Anda mengasihi mereka.

3. Acts of Service (Tindakan Kasih)

Jika pasangan atau beberapa orang dalam keluarga Anda merasa dikasihi karenaAnda melayani mereka dengan misalnya membuatkan mereka minuman kesukaan mereka, mengambilkan piring dan peralatan makan saat mereka mau makan, dan lain-lain, itu menandakan bahwa inilah bahasa kasih mereka.

4. Quality Time (Waktu Berkualitas)

Makna dari "quality time" adalah kebersamaan atau togetherness. Di sini, Andadiminta untuk memusatkan perhatian. Jika Anda sedang berjalan berdua denganpasangan Anda, tetapi Anda malah sibuk berbicara dengan orang lain di telepon atau ber-sms-an ria, tidak heran jika pasangan Anda marah. Fokuskan waktu danperhatian Anda hanya untuknya. Orang-orang yang mempunyai bahasa kasih berupa quality time biasanya lebih mementingkan waktu kebersamaan yang tidak terbagi dibanding bahasa kasih yang lainnya untuk merasa dicintai.

5. Physical Touch (Sentuhan)
Sentuhan fisik bisa berupa pelukan, pegangan tangan, belaian/tepukan di punggung, dan masih banyak lagi. Pelukan bisa membuat orang merasa disayang. Tetapi hati-hati, karena sentuhan fisik dapat menciptakan atau menghancurkan suatu hubungan. Kita juga harus tahu situasi dan kondisi saat kita mengkomunikasikan bahasa kasih yang satu ini.

Coba deh praktekkan kelima bahasa kasih di atas kepada orang-orang di sekitar Anda seperti orang tua, teman, anak, atau pasangan Anda. Pelajari bahasa kasihmereka, sehingga Anda tidak akan bingung lagi bagaimana caranya untuk membuat mereka tahu bahwa Anda mengasihi mereka. Yang terpenting adalah, lakukan setiap bahasa kasih tersebut dengan ketulusan. Karena, kasih yang tulus tidak pernah gagal! (vln)

sumber: internet

No comments: