Saturday, August 30, 2008

Penuntun Saat Teduh 1-7 September 2008

Ayo Bangun Pagi!
Referensi Bahan : Abba News, Juli 2008


“TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku,
pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu,
dan aku menunggu-nunggu.”
-Mazmur 5:4-


Senin, 1 September 2008

Ayo, Bangun Pagi !
Firman Hari Ini: Markus 1:35-39

Pertanyaan Perenungan:
Kapankah Yesus bangun untuk berdoa? (ayat 35)
Apakah yang dilakukan Simon dan kawan-kawannya? (ayat 36-37)
Dua hal utama apakah yang dilakukan oleh Yesus setelah berdoa pagi? (ayat 39)

Pengajaran:
Jika kita membaca mulai dari Markus 1, mulai dari ayat 21 sampai 35, kita akan menemukan beberapa aktivitas yang dilakukan Yesus pada hari itu begitu padat. Mulai dari mengajar, mengusir roh jahat, kemudian Yesus menjenguk ibu mertua Simon yang terbaring sakit. Menjelang malam seluruh penduduk kota datang kepada Yesus untuk disembuhkan. Dapat dibayangkan keletihan yang dialami Yesus dengan segala aktivitasnya yang padat. Namun, di ayat 35 dijelaskan bahwa pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap Yesus pergi berdoa.

“Ayo, Bangun Pagi!” demikian ajakan tema saat teduh kita minggu ini untuk membangun keintiman dengan Bapa. Bukan hanya Yesus yang bangun pagi untuk membangun keintiman dengan Bapa, tetapi Musa, Yosua, Daud, dan orang-orang kudus yang lain di Alkitab. Mereka mencari wajah Allah sebelum memulai segala aktivitasnya. Ketika mempraktekkan bangun pagi untuk membangun keintiman dengan Bapa di sorga, maka kita juga akan dimampukan untuk menjalani hidup kita sepanjang hari bersama dengan Yesus. Ayo, bangun pagi!

Penerapan:
Jam berapa biasanya Anda melakukan saat teduh? Tuliskan komitmen Anda sehubungan dengan saat teduh Anda!


Selasa, 2 September 2008

Menanti Tuhan di Waktu Pagi
Firman Hari Ini: Mazmur 5:1-13

Pertanyaan Perenungan:
Hal apakah yang diminta oleh Daud kepada Tuhan? (ayat 2-3)
Kapankah Daud bangun dan mengatur korban persembahan bagi Tuhan? (ayat 4)
Jaminan apakah yang diberikan Tuhan kepada orang yang mengandalkan Dia? (ayat 12-13)

Pengajaran:
Apa yang Anda lakukan saat terjaga dari tidur Anda semalam? Masih menikmati empuknya bantal guling dan berpikir, “10 menit lagi, ah, baru bangun”. Bagi Anda seorang pekerja mungkin langsung berpikir urutan pekerjaan yang harus diselesaikan hari ini. Atau Anda yang seorang ibu rumah tangga, langsung buru-buru ke dapur untuk masak, karena harus menyiapkan makan pagi untuk suami dan anak-anak.

Daud adalah seorang raja yang diurapi Tuhan. Yang ia lakukan pada waktu pagi adalah menyembah dan berseru kepada Tuhan. Ia menunggu-nunggu setiap pagi. Banyak aktivitas yang menunggu kita di setiap hari baru, namun sudahkah kita melakukan seperti yang Daud lakukan, yaitu menunggu-nunggu untuk mempersembahkan korban kepada Tuhan di waktu pagi?

Penerapan:
Sudahkah Anda meniru gaya hidup Daud untuk mengatur persembahan kepada Tuhan di pagi hari? Tuliskan hal-hal baru yang Anda dapatkan melalui perenungan Firman Tuhan hari ini!


Rabu, 3 September 2008

Berhenti Sejenak Sebelum Memasuki Hari Ini
Firman Hari Ini: Matius 6:25-34

Pertanyaan Perenungan:
Apa kata Yesus tentang kekuatiran? (ayat 25-32) Biasakan memulai hari Anda dengan sikap “JANGAN KUATIR”.
Apakah yang utama harus kita cari? (ayat 33)
Sudahkah Anda menyerahkan hidup Anda kepada Tuhan pagi ini? Masihkah Anda kuatir?

Pengajaran:
Di suatu pagi aku bangun lebih awal dan segera terlibat kesibukan hari itu. Aku punya banyak hal yang harus diselesaikan, sehingga aku tidak punya waktu untuk berdoa.

Masalah demi masalah membebaniku, dan tiap tugas semakin berat. Aku bertanya, “Mengapa Tuhan tidak menolongku?” Tuhan menjawab, “Engkau tidak pernah meminta.”

Aku ingin merasakan kebahagiaan dan keindahan, tiap hari berlalu dengan sulit, suram dan hampa. Aku bertanya mengapa Tuhan tidak menuntun aku? Tuhan menjawab, “Engkau tidak meminta.”

Aku mencoba datang ke hadirat Tuhan. Aku gunakan semua kunci untuk membuka. Dengan lembut dan penuh kasih Tuhan menegur, “Anak-Ku, engkau tidak mengetuk pintu.”

Aku bangun hari ini, dan berhenti sejenak sebelum memasuki hari. Aku punya banyak hal yang harus diselesaikan, sehingga aku harus menyediakan waktu untuk berdoa. (Alan Grant)

Sumber: 100 Renungan Populer Sepanjang Masa

Penerapan:
Tuliskan teguran / perintah / janji Tuhan yang Anda dapatkan dari perenungan saat teduh hari ini!


Kamis, 4 September 2008

Keputusan di Awal Hidup Anda
Firman Hari Ini: Ratapan 3: 21-26

Pertanyaan Perenungan:
Hal apakah yang menjadi pengharapan nabi Yeremia? (ayat 21-23)
Hal apakah yang tidak berkesudahan? (ayat 22). Apa yang terjadi setiap pagi? (ayat 23)
Bacalah ulang ayat 24-26. Sudahkah Anda menjadikan Tuhan sebagai pengharapan di dalam hidup Anda seperti ayat 24-26?

Pengajaran:
Seorang lelaki berumur 92 tahun yang mempunyai selera tinggi, percaya diri, selalu berpakaian rapi setiap hari sejak jam 8 pagi, dengan rambutnya yang teratur rapi, meskipun dia buta, masuk ke panti jompo hari ini. Setelah menunggu dengan sabar selama beberapa jam di lobi, dia tersenyum manis ketika diberi tahu bahwa kamarnya telah siap. Ketika berjalan mengikuti petunjuk jalan ke elevator, seorang perawat menggambarkan keadaan kamarya yang kecil, termasuk gorden yang ada di jendela kamarnya.

”Saya menyukainya,” katanya dengan antusias seperti anak kecil berumur 8 tahun yang baru saja mendapatkan seekor anjing.
“Pak, Anda belum melihat kamarnya, tahan dulu perkataan tersebut.”
“Hal itu tidak ada hubungannya,” dia menjawab “Kebahagiaan adalah sesuatu yang kamu putuskan di awal. Apakah aku akan menyukai kamarku atau tidak, tidak tergantung dari bagaimana perabotannya diatur, tapi bagaimana aku mengatur pikiranku. Aku sudah memutuskan menyukainya. Itu adalah keputusan yang kubuat setiap pagi ketika aku bangun tidur.” “Aku punya sebuah pilihan setiap harinya,” lanjut kakek tersebut. “Aku bisa menghabiskan waktu dan berterima kasih atas tubuhku yang masih berfungsi. Setiap hari adalah hadiah, dan selama Tuhan masih memberikan hari yang baru kepadaku, aku akan memusatkan perhatian pada hari yang baru tersebut.”

Keputusan apakah yang Anda buat saat Anda mengawali hari Anda?

Penerapan:
Tuliskanlah komitmen dan cara praktis Anda untuk mengalami kasih setia Tuhan setiap hari!


Jumat, 5 September 2008

Tuhan Mempertajam Pendengaran MuridNya Setiap Pagi
Firman Hari Ini: Yesaya 50: 4-11

Petanyaan Perenungan:
Untuk apakah Tuhan memberikan umatNya lidah seorang murid? (ayat 4a)
Pada waktu kapankah Tuhan mempertajam pendengaran kita sebagai muridNya? (ayat 4b)
Apakah yang dibuka oleh Tuhan? Apa reaksinya? (ayat 5) Bagaimana respon Anda kepada Tuhan?

Pengajaran:
Pada awalnya, saya mengalami kesulitan untuk bangun dan berdoa di waktu pagi. Banyak alasan yang saya kemukakan untuk saya konsisten bangun pagi. Tetapi, saya tetap berusaha membangun kebiasaan berdoa pagi selama beberapa bulan. Akhirnya saya terbiasa untuk bangun pagi. Kini sudah menjadi gaya hidup saya untuk bangun pagi dan berdoa. Walaupun kadang-kadang saya tidur sampai larut malam, namun menjelang pagi saya pasti terbangun dengan sendirinya. Mata saya seakan-akan bisa diatur untuk tidak akan mengantuk lagi di waktu pagi, sehingga saya mempunyai waktu untuk membaca Alkitab di pagi hari. Hasilnya, Tuhan selalu memberikan hikmat kepada saya untuk melakukan pekerjaan saya dan melewati hari saya dengan baik. (Ayub- editor Abba News)

Penerapan:
Tuliskanlah langkah-langkah praktis Anda untuk membangun kebiasaan mendengarkan suara Tuhan!


Sabtu, 6 September 2008

Dari Terbitnya Matahari Sampai Terbenamnya
Firman Hari Ini: Yesaya 45:1-8

Pertanyaan perenungan:
Hal apakah yang dijanjikan Tuhan bagi orang yang diurapiNya? (ayat 1-5)
Kapankah janji Tuhan ini berlaku? (ayat 6)
Mengapa Tuhan melakukan hal tersebut? (ayat 6-7)

Pengajaran:
Saya membiasakan diri untuk bangun berdoa di pagi hari. Ketika saya rajin berdoa pagi, maka tampak sekali pimpinan Tuhan atas hidup saya. Tuhan menuntun hidup saya sepanjang hari itu dengan tenang, damai, tidak emosional, cakap dalam bekerja karena ada hikmat. Banyak keputusan penting yang membutuhkan hikmat yang saya dapatkan dari doa pagi. Doa pagi menyanggupkan saya untuk hidup dalam kasih karunia sepanjang hari itu. (Yuni)

Tahukah Anda bahwa dari mulai terbitnya matahari dan sampai terbenamnya, tidak ada satu halpun di luar kendali Tuhan? Mulai dari kita bangun pagi sampai kita tertidur lelap, Tuhan yang berkuasa dan menciptakan segalanya. Yesaya 45:6-7 menegaskan bahwa dari terbitnya matahari sampai terbenamnya tidak ada yang lain di luar Tuhan; Tuhan yang membuat semuanya. Namun, apakah kita selalu mengucap syukur dari terbitnya matahari sampai terbenamnya? Bersyukur buat hari baru yang dijadikan, bersyukur buat kehidupan yang diberikan Tuhan, bersyukur buat keluarga, hikmat, berkat dan masih banyak hal yang patut kita syukuri saat memasuki hari baru dan nikmati penyertaan Tuhan atas hidup Anda.

Penerapan:
Buatlah langkah-langkah praktis yang dapat Anda lakukan untuk bangun di waktu pagi.
Tuliskan janji-janji Tuhan bagi hidup Anda!



Minggu, 7 September 2008

Waktu
Firman Hari Ini: Yosua 3:1-17

Pertanyaan Perenungan:
Apakah yang dilakukan oleh Yosua? (ayat 1)
Apa janji Tuhan yang diberikan kepada Yosua? (ayat 7)
Apa kata Yosua? (ayat 9-10)

Pengajaran:
Jepang memiliki mata uang Yen. Inggris memiliki Poundsterling. Perancis memiliki Franc. Jeman memiliki Mark. Italia memiliki Lira. Meksiko memiliki Peso. Amerika Serikat memiliki Dollar. Indonesia memiliki Rupiah. Mata uang dari kehidupan di atas bumi adalah waktu.

Saya telah mempelajari kehidupan dari banyak pria dan wanita yang berhasil. Perbedaan utama yang saya perhatikan antara orang lemah dan orang yang berkuasa; orang yang menganggur dan orang yang memiliki pekerjaan; orang yang berhasil dan orang yang gagal; orang yang miskin dan orang yang kaya, adalah pandangan mereka terhadap waktu. (Sumber: Mike Murdock, Rahasia Orang Terkaya yang Pernah Hidup, Betlehem Publisher, 2002).

Sudahkah Anda memberikan waktu terbaik Anda untuk Tuhan, dan bukan waktu sisa?

Penerapan:
Tuliskanlah apa yang Anda peroleh dari Roh Kudus ketika Anda bersaat teduh hari ini!

No comments: