Saturday, February 13, 2010

PENUNTUN SAAT TEDUH PRIBADI 15-21 Februari 2010

HITAM atau PUTIH?
Tidak Ada Abu-Abu!


Dasar firman-Mu adalah kebenaran
dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya.

-Mazmur 119:160-


Senin, 15 Februari 2010
Kebenaran yang Memerdekakan
Firman hari ini: Yohanes 8:30-41

Pengajaran:
Hidup dalam ketidakbenaran akan membuat kita tersesat. Jika tidak ada kebenaran yang pasti di dunia maka akan terjadi kekacauan. Awal penderitaan manusia bukan karena ia tidak memiliki kekayaan, jabatan, atau prestasi. Awal dari penderitaan karena manusia hidup tanpa kebenaran atau hidup di luar kebenaran. Hidup tanpa kebenaran berarti selalu cenderung melakukan perbuatan dosa.
Tuhan telah memberikan kita pengetahuan akan kebenaran. Kebenaran tersebut berasal dari Allah. Kebenaran itu akan memerdekakan kita. Kebenaran membuat kita lepas dari dosa dan kita tidak akan pernah lagi menjadi hamba dosa. Kebenaran membuat kita lepas dari kekuatiran dan rasa putus asa, sebab kebenaran Allah memberikan pengharapan yang pasti. Jadi kita harus mengerti kebenaran dan hidup di dalamnya supaya kita benar-benar merdeka.


Selasa, 16 Februari 2010
Mamon atau Allah?
Firman hari ini: Matius 6:19-24

Pengajaran:
Sebagai orang percaya kita tidak bisa mengabdi pada dua hal sekaligus. Kita harus memilih salah satu, Allah atau Mamon? Mamon menunjuk pada harta benda di dunia. Pertanyaannya adalah dimana hati kita berada? Allah atau Mamon? Hati kita akan bergantung pada siapa kita mengabdi. Oleh karena itu dalam Matius 6:21 mengatakan: “Karena di mana hartamu berada di situ juga hatimu berada.”
Di dalam kekristenan tidak ada abu-abu, hanya ada hitam atau putih. Hati kita tidak bisa bercabang dua. Allah sendiri tidak mau diduakan. Jadi pilihan ada pada diri kita sendiri. Jika sudah memutuskan untuk mengabdi kepada Allah, maka kita juga harus memfokuskan hati kepada-Nya. Di mana hati kita berada saat ini? Allah tidak bisa ditipu karena Ia melihat hati. Walaupun perbuatan kita menyembah Allah, tetapi jika hati tidak berpusat kepada-Nya, maka penyembahan tersebut akan sia-sia. Tentukan pilihan Anda sekarang!


Rabu, 17 Februari 2010
Kebenaran Harus Berdasarkan Firman
Firman hari ini: Mazmur 119:137-144; Yohanes 17:17

Pengajaran:
Kebenaran yang tidak berdasarkan Firman adalah kebenaran yang patut dipertanyakan. Kebenaran yang berdasarkan Firman hanya perlu dipahami, sebab tidak ada kesalahan dalam Firman Tuhan. Inilah yang dikatakan Yesus dalam Yohanes 17:17 yaitu Firman-Mu adalah kebenaran. Kebenaran yang berdasarkan Firman Tuhan adalah benar adanya. Jadi jangan meragukan Firman Tuhan. Jika saat ini kita belum dapat memahami Firman yang Tuhan katakan, maka janganlah menyerah untuk terus belajar memahaminya. Tuhan pasti akan memberikan pengertian kepada kita. Yang terpenting adalah jadikan Firman Allah sebagai landasan pikiran, perkataan dan tindakan kita setiap hari. Kita tidak akan bingung dalam bertindak, sebab Firman Allah membuat kita dapat melangkah pasti setiap hari. Apakah Anda menjalani hari-hari dengan bingung? Periksalah, kebenaran darimana yang menjadi landasan hidup Anda?


Kamis, 18 Februari 2010
Hikmat Memilih Kebenaran Sejati
Firman hari ini: Amsal 2:1-22; Roma 12:1-2

Pengajaran:
Hikmat kebenaran dari Allah tidak datang begitu saja dan tidak datang kepada orang yang salah. Ada bagian Tuhan dan ada bagian kita. Bagian Tuhan adalah memberi kebenaran dan membuat kebenaran tersebut dapat kita mengerti. Sedangkan bagian kita adalah menyerahkan diri kita seutuhnya, mengubah paradigma yang salah di pikiran kita dan hidup takut akan Tuhan. Inilah yang Tuhan kehendaki supaya kita lakukan. Hikmat kebenaran dari Allah akan turun jika kita sudah melakukan bagian kita.
Takut akan Tuhan tidak ada pada orang-orang duniawi. Inilah yang membedakan orang dunia dengan orang yang sudah percaya Yesus. Kebenaran yang berasal dari dunia bisa hancur, tetapi kebenaran Allah tidak akan pernah berlalu. Kita butuh kebenaran di lingkungan sekolah, pekerjaan, kampus dan di masyarakat. Kebenaran Allah tidak bisa dicampurkan dengan kebenaran yang ada di dunia. Jika Firman Allah berkata dosa maka hal tersebut adalah dosa, walaupun dunia mengatakan tidak dosa.



Jumat, 19 Februari 2010
HIDUP SESUAI KEBENARAN FIRMAN
Firman hari ini: Yohanes 14:21-24

Pengajaran:
Setiap hari kita akan terus diperhadapkan dengan berbagai pilihan, bahkan pilihan tersebut sangat dilematis untuk kita. Baik dalam pelayanan, pekerjaan, rumah tangga, sekolah akan selalu ada pilihan-pilihan, baik pilihan yang benar maupun pilihan yang salah. Tetapi, setiap orang yang memegang perintah Tuhan dan melakukannya tidak akan betah hidup dalam ketidakbenaran. Sebaliknya, dia akan terus menetapkan hati untuk memilih apa yang benar dan hidup dalam kebenaran.
Tuhan lebih suka tinggal di dalam hidup orang-orang yang mengasihi Dia dan taat melakukan kebenaran firmanNya. Ia akan berkarya di hidup hidup mereka dan tidak ragu untuk mencurahkan mujijatNya. Tak ada jaminan akan terjadinya suatu mujizat jika kita hanya menerima keselamatan tanpa mau hidup dalam kebenaran-Nya. Jadi, marilah kita hidup dalam jalur yang benar dan jangan menoleh ke kiri atau ke kanan. Jangan kompromi terhadap dosa. Akhir dari dosa adalah maut. Jangan takut, Tuhan akan memberi kekuatan kepada kita untuk hidup sesuai kebenaran-Nya.


Sabtu, 20 Februari 2010
Jangan Bimbang
Firman hari ini: Roma 8:31-39

Pengajaran:
Seringkali kita menghadapi dilema (kebingungan) ketika harus memilih kebenaran yang sejati. Jika kita membela yang benar, maka seringkali kita dihindari oleh orang-orang yang tidak hidup dalam kebenaran. Kita merasa takut ditolak oleh orang. Tak sedikit pula, supaya berhasil hidup di jaman yang penuh tantangan ini, banyak orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan. Mereka menjadi egois dan tidak peduli dengan sesama. Pertanyaannya, sungguhkah kita tidak akan berhasil atau memiliki masa depan yang suram saat kita memilih untuk hidup dalam kebenaran? Tidak! Sebab, ketika kita hidup dalam kebenaran yang sejati, maka kita tidak perlu takut sebab kita ada di pihak Tuhan.
Dunia tidak dapat membatasi kasih Allah kepada umatNya. Dunia tidak bisa menghancurkan masa depan yang telah Tuhan sediakan bagi anak-anakNya. Kita adalah umat pemenang dan Tuhan ada di pihak kita. Dia yang akan membela setiap perkara dan kebutuhan orang benar secara ajaib. Masihkah Anda takut dan ragu untuk hidup dalam kebenaran? Ingat, kasih karunia dan berkatNya akan selalu menyertai orang yang hidup dalam kebenaran.


Minggu, 21 Februari 2010
Berkat dalam Kebenaran
Firman hari ini: Ayub 36:7; Mazmur 34:16; 37:23-26; 55:23; Amsal 3:33; 15:29; Yehezkiel 18:20; Matius 13:43; 25:46

Pengajaran:
Berkat yang sempurna akan diterima oleh orang-orang yang hidup dalam kebenaran, sebab mata Tuhan tertuju pada orang-orang benar. Wow! Tuhan memfokuskan pandanganNya kepada kita yang hidup seturut firmanNya. Karena itu, jangan palingkan pandangan Tuhan dari hidup kita karena pelanggaran yang kita lakukan.
Tuhan tidak ingin manusia hidup di luar kehendakNya. Oleh karena itu, bersyukurlah jika Ia masih menegor kita dengan kasih ketika kita melanggar kebenaran FirmanNya. Ia memperingatkan kita supaya selalu hidup dalam kebenaran dan akhirnya mendapatkan berkat yang telah Ia janjikan. Pandanglah Tuhan dan janjiNya ketika kita berjuang hidup dalam kebenaranNya, maka semua hal yang kita jalani tidak akan terasa berat dan tidak akan pernah sia-sia.

No comments: