Saturday, February 27, 2010

PENUNTUN SAAT TEDUH PRIBADI 1-7 Maret 2010

Tangan Tuhan Merenda
(Belajar dari profil Ruth)


“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”
-Yeremia 29:11-


Bahan diambil & diedit seperlunya dari: e-4m abbalove

Senin, 1 Maret 2010
Tuhan Tetap Memelihara UmatNya
Firman hari ini: Rut 1:1-6

Pengajaran:
Pada suatu masa di zaman para hakim memerintah, ada kelaparan di tanah Israel dan mungkin masa itu disebut masa kegelapan rohani, ketika Tuhan seakan-akan melupakan umat pilihan-Nya. Tiada tanda-tanda kehidupan sehingga membuat rakyatnya terpencar-pencar mencari kehidupan bagi diri dan keluarga mereka sendiri. Begitu pula seorang pria bernama Elimelekh dari Betlehem-Yehuda beserta isterinya, Naomi, serta kedua anaknya, Mahlon dan Kilyon, pergi ke daerah Moab menetap di sana untuk melanjutkan kehidupannya. Tuhan adalah Allah yang setia memelihara umat-Nya, ketika Ia melihat bahwa umatNya tidak berdaya, maka tangan-Nya selalu menolong. Begitu pula dengan keluarga Naomi, Tuhan tetap menjaga kehidupan mereka walaupun mereka harus berpindah-pindah tempat. Bukankah Allah yang disembah Naomi adalah Allah yang sama memelihara hidup Anda saat ini? Kesulitan apa yang Anda alami saat ini? Tuhan tidak pernah meninggalkan Anda, Ia tetap memelihara Anda. Ia selalu merancangkan yang terbaik bagi anak-anak-Nya. Masalah apa yang sedang Anda hadapi saat ini? Melalui saat teduh hari ini kita mengetahui bahwa Allah tetap memelihara kehidupan kita. Tuliskan janji-janji Tuhan yang Anda dapatkan melalui Firman Tuhan hari ini untuk hidup Anda!

Selasa, 2 Maret 2010
Rut Memunyai Prinsip Hidup yang Kokoh
Firman hari ini: Rut 1:7-22

Pengajaran:
Orpa dan Rut adalah dua orang menantu yang diambil anak-anak Naomi dari bangsa Moab. Bangsa Moab adalah bangsa yang tidak menyembah Tuhan sebagai Allahnya. Meskipun demikian, Naomi sangat mengasihi kedua menantunya tersebut dan ia tetap tinggal bersama-sama dengan menantunya, walaupun anak-anak laki-lakinya telah meninggal dunia. Begitu pula dengan Orpa dan Rut yang sangat mengasihi Naomi. Suatu kali ketika Naomi bertekad ingin kembali ke tanah Yehuda, ia membujuk menantunya untuk kembali ke rumah mereka masing-masing untuk melanjutkan hidup mereka. Orpa akhirnya menerima tawaran Naomi, ia kembali kebangsanya dengan harapan memiliki masa depan yang lebih baik. Namun, sejak saat itu Alkitab tidak lagi mencatat kehidupan dan keturunan Orpa. Ia telah mengambil keputusan yang salah. Beda dengan Rut yang tetap memilih hidup dengan Naomi walau apapun yang terjadi. Ia tetap yakin bahwa Tuhan yang disembah Naomi sanggup memenuhi segala kebutuhannya. Apa yang sedang terjadi dengan Anda hari-hari ini? Apakah sedang berada di persimpangan jalan untuk mengambil keputusan yang terbaik dalam hidup Anda? Biarlah kita belajar dari Rut, bahwa Tuhan tetap yang menjadi pilihan kita. Rut telah memilih yang terbaik bagi hidupnya. Sudahkah Anda memiliki prinsip hidup yang kokoh seperti Rut?


Rabu, 3 Maret 2010
Rut adalah Seorang Pekerja Keras dan Selalu Berinisiatif
Firman hari ini: Rut 2:1-7

Pengajaran:
Sekalipun Tuhan tetap akan menyertai Rut, namun Rut bukanlah seorang yang duduk berpangku tangan menikmati penyertaan Tuhan atas hidupnya dan hidup Naomi. Malahan Rut selalu bekerja keras bahkan ia berinisiatif untuk bekerja. Sesampainya Rut dan Naomi ke tanah Yehuda, Rut langsung meminta ijin kepada Naomi untuk bekerja mengumpulkan bulir-bulir jelai yang jatuh di ladang dan ia bekerja seketika pun ia tidak berhenti! Itulah Rut, walaupun ia seorang janda, namun ia tidak pernah putus asa terhadap hidupnya, ia tetap bekerja untuk menafkahi kehidupannya. Apakah Anda menjalani hidup keseharian Anda dengan rajin bekerja? Biarlah firman tentang Rut hari ini mengispirasi Anda bahwa Anda pun dapat melakukan hal yang sama dengan Rut, yaitu: berinisiatif dan rajin bekerja. Ingatlah firman yang Tuhan wahyukan kepada Paulus untuk dituliskan bagi jemaat di Tesalonika, “kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan,”(II Tesalonika 3:10).


Kamis, 4 Maret 2010
Tuhan Memberi Upah yang Penuh Kepada Rut
Firman hari ini: Rut 2:8-23

Pengajaran:
Jika kita memperhatikan cara kerja Rut di ladang Boas, sungguh enak sekali. Rut tinggal memungut bulir-bulir jelai yang sengaja dibuang oleh pengerja-pengerja di ladang yang telah diperintahkan oleh Boas. Selain itu Rut juga boleh meminum air yang disediakan untuk pengerja-pengerja ladang. Bahkan hak yang istimewah-pun Rut dapatkan yaitu makan siang sudah tersedia bagi Rut, padahal ia bukanlah salah satu pegawai Boas! Wow...luar biasa yang didapatkan oleh Rut. Namun jika kita teliti firman Tuhan ini, kita akan menemukan apa keistimewaan Rut, sehingga Boas begitu bersimpati terhadapnya. Dalam Rut 2:11-12 dikatakan, “Telah dikabarkan orang kepadaku dengan lengkap segala sesuatu yang engkau lakukan kepada mertuamu sesudah suamimu mati, dan bagaimana engkau meninggalkan ibu bapamu dan tanah kelahiranmu serta pergi kepada suatu bangsa yang dahulu tidak engkau kenal. TUHAN kiranya membalas perbuatanmu itu, dan kepadamu kiranya dikaruniakan upahmu sepenuhnya oleh TUHAN, Allah Israel, yang di bawah sayap-Nya engkau datang berlindung," Berita tentang Rut yang begitu murah hati dan penuh kasih telah tersebar di tengah-tengah kota itu. Itulah sebabnya mengapa Boas begitu kagum sehingga ia memberikan yang terbaik untuk Rut. Apalagi Bapa kita yang di surga. Ia akan memberi keistimewaan yang jauh lebih besar kepada kita, jika kita melakukan segala sesuatu untuk Tuhan dengan segenap hati kita bukan asal-asalan. Sudahkah kita melakukannya?


Jumat, 5 Maret 2010
Naomi, Seorang yang Memperhatikan Kebahagiaan Orang Lain
Firman hari ini: Rut 3:1-18

Pengajaran:
Kebahagiaan Rut, tidak lepas dari peran Naomi yang begitu peduli terhadap kebahagiaan menantunya. Lihatlah Naomi telah memperhatikan kehidupan Rut dan Boas selama beberapa waktu, dan ia melihat adalah baik jika Rut menikah dengan Boas. Maka Naomi menyarankan kepada Rut untuk mendekati Boas. Rut mendengar nasehat Naomi dan ia melakukan tepat seperti yang Naomi katakan. Gien Karssen dalam bukunya Ia dinamai perempuan menuliskan, “Naomi, seorang yang memperhatikan kesejahteraan orang lain, tidak pernah menduga bahwa kehidupannya dihubungkan dengan Juruselamat Dunia, Yesus Kristus.” Di akhir Firman Tuhan hari ini, Boas menawarkan kepastian kepada Rut, inilah hasil dari nasehat Naomi. Sudahkah kita juga memperhatikan kesejahteraan orang-orang di sekitar kita? Seberapa sering kita memperhatikan kesejahteraan hidup orang di sekitar kita atau kita malah sibuk dengan diri kita sendiri? Mari belajar dari Naomi!


Sabtu, 6 Maret 2010
Rut Menerima Nubuatan Tuhan bagi Masa Depannya
Firman hari ini: Rut 4:1-12

Pengajaran:
Ketaatan Rut justru menerima nubuatan yang tak terduga. Ia hanya mengikuti nasihat Naomi dan melakukan apa saja yang diperintahkan kepadanya untuk dilakukan. Akibat kepatuhannya, maka ia menerima nubuatan yang luar biasa tentang masa depannya. Sebab warga kota bernubuat tentang Rut, "Kamilah menjadi saksi. TUHAN kiranya membuat perempuan yang akan masuk ke rumahmu itu sama seperti Rahel dan Lea, yang keduanya telah membangunkan umat Israel. Biarlah engkau menjadi makmur di Efrata dan biarlah namamu termasyhur di Betlehem, keturunanmu kiranya menjadi seperti keturunan Peres yang dilahirkan Tamar bagi Yehuda oleh karena anak-anak yang akan diberikan TUHAN kepadamu dari perempuan muda ini!"(Rut 4:11-12). Rut mungkin tidak pernah menyangka bahwa ia akan menerima kata-kata nubuatan sehebat itu. Rut tidak pernah berpikir sejauh itu. Karena ia hanya mengikuti Naomi, “bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku.” Rut menerima penggenapan janji Allah, bahwa Allah yang memberikan hari depan yang penuh harapan, ketika ia menyerahkan hidupnya kepada Tuhan dan Tuhan memberikan Boas seorang yang takut akan Tuhan menjadi suami Rut. Rindukah Anda menerima janji-janji Tuhan yang besar tentang masa depan Anda? Sudahkah Anda juga menyerahkan masa depan Anda kepada Tuhan? Belajarlah untuk menyerahkan masa depan Anda dalam tangan Tuhan. Tulislah hal-hal kekhawatiran apa dalam hidup Andayang masih belum Anda serahkan kepada Tuhan dan berubahlah!


Minggu, 7 Maret 2010
Rut Menjadi Wanita yang Terpilih
Firman hari ini: Rut 4:13-17

Pengajaran:
Rut, seorang wanita yang luar biasa, ia berani menukar masa kini dengan masa depannya yang tidak menentu, namun Allah telah menghargai keputusan yang Rut ambil untuk tetap bersama-sama Naomi menyembah Allah yang hidup. Ia telah terpilih menjadi nenek moyang Yesus, Sang Penebus, suatu hak istimewa yang ia dapatkan. Bahkan Rut disebut dengan perempuan yang lebih berharga dari tujuh anak laki-laki. Jika kita memperhatikan kisah Rut dari hari Senin yang lalu, sungguh penyertaan Tuhan sangat nyata dalam hidup Rut dan ia setia menjalaninya. Apakah Anda sedang dalam proses rencana Tuhan? Lakukanlah dengan setia dan Anda akan melihat penyertaan Tuhan dalam hidup Anda.
Masihkah Anda bertekun dengan Firman dan janji Tuhan? Apa yang menjadi penghalang untuk Anda bertekun? Tulislah komitmen Anda untuk bertekun dalam Firman Tuhan!

No comments: