Saturday, June 13, 2009

Penuntun Saat Teduh Pribadi 15-21 Juni 2009

Setia Menabur Menuai Mujijat
Sumber: e-4M abbalove

Ayat hafalan minggu ini:
Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. (2 Korintus 9:6)


Senin, 15 Juni 2009
MUJIJAT MULTIPLIKASI TERJADI KARENA ADA YANG BERKORBAN
Firman hari ini: Yohanes 6:1-15

Pengajaran:
Selama ini anak-anak kecil dikenal sebagai pribadi yang egois dan mementingkan diri sendiri. Jangankan dalam hal memiliki barang mainan, dalam hal makanan pun mereka tidak akan pernah membagikannya kepada orang lain. Namun, tidak semua anak bersifat seperti itu. Suatu kali, Yesus sedang duduk di atas bukit dengan murid-murid-Nya dan dikelilingi oleh kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk wanita dan anak-anak. Namun di antara ribuan orang itu, hanya ada seorang anak yang bersedia mengorbankan makan siangnya berupa 5 roti dan 2 ikan dan memberikannya kepada Yesus. Yesus mengucapkan syukur atasnya dan menjadikan roti serta ikan itu bermultiplikasi sampai lima ribuan laki-laki ditambah wanita dan anak-anak makan sampai kenyang serta masih tersisa 12 bakul. Mengapa mujijat multiplikasi ini terjadi? Karena ada anak kecil yang mengorbankan makan siangnya dan Allah memberkati. Semua yang diberkati Allah akan bermultiplikasi. Inilah rahasia multiplikasi. Apakah bisnis, pekerjaan, dan usaha kita belum bermultiplikasi? Mungkin karena kita tidak menyerahkannya ke tangan Tuhan untuk diberkati. Jadilah seperti anak kecil dalam cerita di atas yang menyerahkan makan siangnya untuk diberkati Tuhan.


Selasa, 16 Juni 2009
BUAH DARI KETAATAN
Firman hari ini: I Raja-raja 17:7-16

Pengajaran:
Suatu kali tim kami yang berjumlah 22 orang melayani di Niki-niki, berjarak 15 mil dari kota So'E di Timor Tengah Selatan - Timor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Malam itu mereka merasa kelaparan dan ingin makan, tetapi tidak ada makanan. Lalu, Tuhan berbicara bahwa ada 4 batang singkong yang tersimpan di dalam lemari. Mereka mengambilnya dan membuat roti singkong yang mustahil mencukupi untuk orang sebanyak itu. Roti singkong yang sudah jadi diletakan di atas piring, kemudian didoakan. Selanjutnya Tuhan berbicara bahwa mereka harus membagikan piring kepada semua orang yang ada, dan dengan roti di tangan kanan ibu pendeta mulai memecahkan roti untuk dibagi-bagi ke dalam piring-piring itu. Tiba-tiba mujijat mulai terjadi. Ketika roti di tangan kiri ditaruh ke dalam piring, roti yang di tangan kanan kembali menjadi utuh lagi. Hal ini terjadi sampai seluruh piring penuh dan mereka makan sampai kenyang. Hanya dengan 4 batang singkong dapat memberi makan 22 orang, belum termasuk tuan rumah. Inilah zaman mujijat bagi kita, jika kita mau mempercayai Tuhan. (Sumber: Bagaikan Angin Badai, Mel Tari).


Rabu, 17 Juni 2009
MENABUR MENGHASILKAN MULTIPLIKASI
Firman hari ini: 2 Korintus 9:6-15

Pengajaran:
Seorang wartawan mewawancarai seorang petani untuk mengetahui rahasia di balik buah jagungnya, yang selama bertahun-tahun selalu berhasil memenangkan perlombaan hasil pertanian. Petani itu mengaku bahwa ia sama sekali tidak mempunyai rahasia khusus. Ia bahkan selalu membagi-bagikan bibit jagung terbaiknya kepada para tetangga di sekitar perkebunannya. "Mengapa Anda membagi-bagikan bibit jagung terbaik itu kepada tetangga-tetangga Anda? Bukankah mereka mengikuti kontes ini juga setiap tahunnya?" tanya sang wartawan. "Tak tahukah Anda?" jawab petani itu. "Angin menerbangkan serbuk sari dari bunga-bunga yang masak dan menebarkannya dari satu ladang ke ladang yang lain. Bila tanaman jagung tetangga saya buruk, maka serbuk sari yang ditebarkan ke ladang saya juga buruk. Ini tentu menurunkan kualitas jagung saya. Bila saya ingin mendapatkan hasil jagung yang baik, saya harus menolong tetangga saya mendapatkan jagung yang baik pula." Jika kita menabur banyak, Allah sanggup melimpahkan kasih karuniaNya kepada kita. Sudahkah kita menabur?


Kamis, 18 Juni 2009
BERKAT DARI RELA MEMBERI
Firman hari ini: I Samuel 2:18-21

Pengajaran:
Apa yang akan terjadi dengan seorang wanita yang tidak memiliki anak selama puluhan tahun, tetapi tiba-tiba ia mengandung dan melahirkan seorang anak? Ia pasti akan sangat mengasihi anak tersebut dan mungkin menjaganya supaya tidak pernah lepas darinya. Namun hal seperti itu tidak terjadi pada seorang wanita bernama Hana yang tertulis di dalam kitab I Samuel 1-2. Ia melahirkan seorang anak laki-laki setelah menangis bertahun-tahun dalam kepedihan hatinya untuk memiliki anak. Tetapi, anak yang didapatkan dari Tuhan tersebut justru diberikan kembali kepada Tuhan untuk melayaniNya di bait Allah. Ketika Hana melakukan hal ini, maka Tuhan menambahkan kepadanya 3 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Mujijat multiplikasi terjadi karena Hana rela untuk memberi apa yang ia miliki kepada Tuhan.


Jumat, 19 Juni 2009
BERAPA ROTI YANG ADA PADAMU?
Firman hari ini: Markus 8:1-10

Pengajaran:
Saya belajar untuk taat dalam memberi perpuluhan. Setiap kali menerima penghasilan yang paling utama bagi saya adalah memberi perpuluhan. Walaupun dalam keadaan kurang, saya tetap memilih untuk mendahulukan Tuhan. Saya percaya bahwa ketika saya setia, saya akan menerima berkat Tuhan berlipat ganda. Di rumah saya juga memiliki kotak berkat, dimana saya sering menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, tujuannya adalah untuk memberkati orang lain. Firman Tuhanlah yang membuat saya setia dalam hal memberi perpuluhan dan memberkati orang lain dengan kotak berkat saya. Hasilnya, apa yang tidak pernah saya bayangkan, sekarang Tuhan sediakan semuanya. Dulu kami hanya kontrak dan tidak memiliki rumah, namun sekarang puji Tuhan, berkat Tuhan melimpah dan kami bisa memiliki rumah sendiri. Bukan hanya itu saja, tetapi orderan di pekerjaan suami saya mengalir terus, sehingga kami tidak pernah berkekurangan. (Lena, Ibu rumah tangga)
Berapa roti yang ada pada kita? Tuhan sanggup memultiplikasikannya dalam hidup kita, jika kita menyerahkannya kepada Tuhan. Sesuatu yang ada di tangan Allah akan diberkatiNya dan semua yang diberkati Allah akan bermultiplikasi.



Sabtu, 20 Juni 2009
BERTINDAK DENGAN IMAN
Bacaan Firman Tuhan hari ini: 2 Raja-raja 4:1-7

Pengajaran:
Ternyata bukan hanya orang Kristen yang sering berhutang, tetapi para nabi yang hidup di masa Perjanjian Lama pun kadang berhutang. Hal ini terjadi pada zaman nabi Elisa. Pada suatu hari ada seorang nabi Tuhan yang meninggal dengan hutang yang belum terbayarkan. Hal ini menjadi beban bagi isterinya, sehingga kedua anak nabi tersebut harus diambil orang untuk dijadikan budak, sebagai ganti hutang yang belum dibayarkan. Ketika isteri nabi ini mengadukannya kepada nabi Elisa, nabi Elisa pun tidak menolong. Tetapi, Elisa hanya menyuruh dia untuk melakukan tindakan iman, yang akhirnya menghasilkan mujijat multiplikasi. Belajarlah untuk bertindak dengan iman untuk mengalami mujijat Tuhan.


Minggu, 21 Juni 2009
MUKJIZAT MULTIPLIKASI TERJADI KARENA TAAT MENABUR
Firman hari ini: Galatia 6:1-10

Pengajaran:
Sekitar 3 tahun yang lalu saya bergumul agar komsel dapat bermultiplikasi, namun hasilnya belum juga terlihat. Saya bahkan sering berdoa “Tuhan! Kapan komsel bermultiplikasi?” Saat itu jumlah anggota komsel sekitar 10 orang dan tidak pernah ada pertambahan jiwa-jiwa. Namun, suatu saat Tuhan menegur bahwa selama ini saya hanya meminta, tetapi tidak pernah melakukan bagian saya. Bukan hanya itu, tetapi selama ini saya juga tidak setia mempraktekkan firman Tuhan, saat teduh saya sering bolong-bolong. Memasuki tahun 2008 saya mengambil komitmen yang baru untuk melakukan bagian saya terlebih dahulu, maka Tuhan melakukan bagianNya. Saya mulai setia merenungkan firman Tuhan dan saat teduh jam 6 pagi. Saya mulai memperhatikan dan mengunjungi setiap anggota komsel yang baru. Dan yang lebih luar biasa, anggota komsel saya mulai antusias untuk membawa jiwa-jiwa ke komsel, sampai sahabat barunya kami follow up serta ajak untuk terus ikut komsel. Di pertengahan tahun 2008 komsel saya pun multiplikasi. Luar biasa Tuhan kita! (Seny, karyawati)
Sudahkah Anda setia menabur? Sudahkah Anda taat melakukan bagian Anda? Jangan berhenti untuk menabur, karena pada waktunya kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

No comments: