Tuesday, August 31, 2010

Penuntun Saat Teduh Pribadi 30 Agustus – 5 September 2010

Tuhan itu penuh kasih setia

Tetapi aku, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu. Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.
-Mazmur 13:6-



Senin, 30 Agustus 2010
APA YANG ANDA LIHAT?
Firman hari ini : Mazmur 34:1-11

Pengajaran:
Kita seharusnya memuji dan memandang Tuhan di sepanjang waktu. Memang kedengarannya ini mudah, tetapi sulit dipraktekkan. Sebab, akan terasa enteng dan gampang untuk memuji Tuhan pada saat kita sedang bersemangat atau bergembira. Namun, akan terasa sangat sulit dilakukan jika situasi yang kita hadapi sedang sulit dan penuh masalah. Ketika menghadapi masa-masa yang sangat sulit di dalam hidup kita, apakah mulut kita masih memuji Tuhan? Ataukah kita bersungut-sungut di hadapan Tuhan? Berjalan dalam anugerah Tuhan berbicara mengenai fokus. Siapakah yang Anda pandang? Jika Anda hanya berfokus memandang Tuhan, maka Anda akan berjalan di dalam anugerah Tuhan. Pertanyaannya, apakah hidup Anda lebih berfokus kepada masalah Anda atau memandang kepada anugerah Tuhan? Anda harus mengambil keputusan saat ini untuk memandang hanya kepada anugerah Tuhan saja dan bukan memandang masalah.


Selasa, 31 Agustus 2010
PRISONERS OF HOPE : Tawanan Yang Terus-menerus Berharap
Firman hari ini : Zakharia 9:11-17

Pengajaran:
Kalimat "orang tahanan yang penuh harapan" dalam ayat 12 dari Alkitab versi New King James Version disebut PRISONERS OF HOPE. Tawanan dari pengharapan atau ditahan oleh pengharapan di sini yang dimaksudkan adalah orang-orang yang berjalan dalam anugerah Tuhan. Semua yang ada di dalam pikiran, di dalam hati, di dalam emosi, di dalam semangat pun telah dikuasai oleh pengharapan akan kasih karunia Allah. Itulah sebabnya Allah menyebut mereka, “Seperti kawanan domba umat-Nya itu, sungguh, mereka seperti permata-permata mahkota yang berkilap-kilap, demikianlah mereka di tanah TUHAN,” (ayat 16). Rindukah Anda menjadi permata-permata mahkota Tuhan? Jadilah seorang tahanan yang penuh harapan atau PRISONERS OF HOPE. Seringkali kita menjadi mudah sekali untuk menyerah kepada keadaan yang ada, tetapi Allah ingin agar hidup kita dikuasai oleh pengharapan. Ingat, Anda adalah PRISONERS OF HOPE.


Rabu, 1 September 2010
TERUS DAN TERUS
Firman hari ini : Ibrani 10:35-39

Pengajaran:
Kita sedang hidup di dalam suatu masa yang penuh dengan perjuangan. Itulah sebabnya kita harus terus percaya dan terus bertekun terhadap semua janji Tuhan. Sikap mental seperti ini harus terus-menerus dipelihara sebagai seorang percaya yang hidup dan berjalan dalam anugerah Tuhan. Kita tidak boleh lengah terhadap hal ini. Jangan kita memiliki mental yang lembek terhadap masalah yang sedang kita hadapi. Kita tidak boleh hidup dalam keadaan berputus asa. Kita tidak boleh hidup dalam keadaan yang mudah goyah. Mengapa? Karena Tuhan berfirman, “Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."(ayat 38). Jadi, kita perlu mengingat, bahwa ada upah (reward) dari TUHAN yang tersedia bagi kita. Ada masa depan kita yang terjamin. Teruslah bersemangat. Teruslah berpengharapan. Teruslah percaya. Teruslah tekun. Terus dan terus. Oleh anugerah Allah, kita pasti bisa.


Kamis, 2 September 2010
AKAN ADA WAKTUNYA
Firman hari ini : Mazmur 102:12-23

Pengajaran:
Apa yang ada di dalam benak Anda ketika Anda membaca ayat 14, "sebab sudah waktunya untuk mengasihani SION, sudah tiba saatnya." Kalau kita memperhatikan dengan sungguh-sungguh, maka Alkitab versi NIV tertulis seperti ini, "for it is time to show favor to Zion." Artinya bahwa akan ada suatu waktu yang sudah ditentukan oleh Tuhan bagi kita secara pribadi untuk menerima FAVOR (anugerah / perkenanan) dari Tuhan. Untuk mengalami anugerah atau perkenanan Tuhan, maka kita perlu berjalan di dalam anugerah Tuhan. Dalam hal ini, kita harus berjalan dengan pandangan mata kita yang terus-menerus ke depan. Pandangan mata kita atau fokus kita adalah kepada pengharapan yang disediakan oleh Tuhan bagi kita. Karena akan ada waktunya bagi orang percaya di mana Tuhan akan bertindak untuk memberikan FAVOR-NYA bagi Anda. Milikilah semangat mulai hari ini!


Jumat, 3 September 2010
SIAPA PUN ANDA
Firman hari ini : Lukas 1:26-33

Pengajaran:
Semua orang Kristen di seluruh dunia mengagumi Maria sebagai wanita yang luar biasa karena ia mentaati suara Tuhan untuk melahirkan Tuhan Yesus dalam keadaan sebagai manusia. Padahal Maria adalah manusia biasa seperti kita. Lalu, apakah rahasia yang dimiliki oleh Maria? Ternyata, Maria beroleh kasih karunia di hadapan Tuhan. Dalam Alkitab versi King James, tertulis, "for you have found FAVOR with God." Luar biasa. Maria adalah seorang wanita biasa dan bukan pejabat. Maria bukanlah seorang terpandang, tetapi ia mendapatkan FAVOR / perkenanan dari Tuhan untuk mengandung sang Juruselamat. Apakah Anda merasa tidak berharga, merasa tidak layak, tidak bisa dan tidak mampu? Ingat kisah Maria di atas. Allah tidak memandang status, kedudukan atau kecakapan Anda. Ia melihat ke dalam hati Anda. Kasih karunia yang disediakan bagi Anda telah menanti Anda untuk menjadikan Anda sebagai seorang yang luar biasa. Keputusan di tangan Anda. Siapa pun Anda, Anda mendapatkan kesempatan yang sama dari Tuhan.


Sabtu, 4 September 2010
ANTUSIAS TERHADAP SANG ANUGERAH
Firman hari ini : Lukas 19:1-10

Pengajaran:
Zakheus adalah seorang pemungut cukai, sehingga ia tidak disukai oleh orang banyak. Zakheus dicap oleh orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat sebagai berdosa yang tidak layak. Ternyata karena antusiasme Zakheus begitu tinggi kepada Yesus sebagai sang anugerah sehingga ia memperoleh kasih karunia di hadapan Allah. Sikap tulus dari dalam hati Zakheus kepada Tuhan Yesus sangat luar biasa. Ia sungguh-sungguh haus dan antusias dari untuk melihat Yesus dari pada orang-orang di sekitarnya. Sikap seperti itulah yang membuat Yesus berkata kepadanya, "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu," (ayat 5). Sikap antusias itu jugalah yang membuat Tuhan Yesus berkata dengan tegas, "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang," (ayat 9-10). Bagaimana dengan Anda saat ini? Sebagai seseorang yang sudah menerima anugerah keselamatan dari Allah, apakah hati Anda masih haus dan antusias terhadap Yesus? Ambillah keputusan hari ini!


Minggu, 5 september 2010
BERGANTUNG KEPADA KASIH KARUNIA
Firman hari ini : Lukas 21:1-4

Pengajaran:
Memberi dari kelebihan atau kelimpahan adalah hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang pada umumnya. Tetapi, akan menjadi yang berbeda bila kita memberi dari kekurangan. Hal ini memang sangat susah untuk melakukannya. Dibutuhkan kasih karunia untuk melakukan hal ini. Dalam bacaan hari ini, Lukas menuliskan pengamatannya terhadap persembahan seorang janda yang diperhatikan oleh Yesus. Karena Yesus menanggapi persembahan janda ini dengan berkata, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya,"(ayat 3-4). Janda miskin ini menjadi teladan bagi kita untuk senantiasa hidup bergantung kepada kasih karunia Allah. Kasih karunia akan menyanggupkan kita agar bisa melakukan hal-hal yang mustahil. Kepada siapa dan apakah Anda akan menggantungkan hidup Anda?

No comments: