Saturday, April 24, 2010

PENUNTUN SAAT TEDUH PRIBADI 26 April-2 Mei 2010

Anak Terang yang Sebenarnya
(belajar dari profil Nehemia)

“Aku menjawab mereka, kataku: Allah semesta langit, Dialah yang membuat kami berhasil!
Kami, hamba-hambaNya, telah siap untuk membangun.”

-Nehemia 2:20a-

Senin, 26 April 2010
Nehemia Sungguh Peduli dengan Nasib Bangsanya
Firman hari ini: Nehemia 1:1-11

Pengajaran:
Nehemia, seorang yang sangat memiliki hati yang terbeban bagi bangsanya. Ketika ia mendengar kabar dari Hanani tentang tembok Yerusalem yang terbakar dan rakyatnya yang menderita, Nehemia hancur hati. Satu tindakan yang diambil Nehemia sebagai responnya adalah ia berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit (ayat 4). Nehemia mencari wajah Allah siang dan malam meminta belas kasihan Tuhan atas masalah yang sedang dihadapi oleh bangsa Israel. Apakah Anda peduli dengan nasib bangsa dimana Anda dilahirkan dan hidup sampai hari ini? Apa tindakan kepedulian Anda bagi bangsa ini?


Selasa, 27 April 2010
Orang yang Cakap dalam Pekerjaannya
Firman hari ini: Nehemia 2:1-10.

Pengajaran:
Hari ini kita melihat bagaimana Nehemia, seorang juru minum raja mendapat perlakuan yang istimewa dari raja. Ketika raja melihat wajah muram Nehemia, raja bertanya kepada Nehemia mengapa mukanya muram. Nehemia menceritakan kesedihan hati yang sedang dialaminya. Apa tindakan raja? Nehemia diperbolehkan mengambil cuti beberapa lama untuk membangun kembali kota Yerusalem. Bukan hanya itu, Nehemia juga mendapat surat kuasa untuk melewati daerah seberang sungai Efrat, surat pengawas taman raja untuk meminta kayu, dan raja menyuruh panglima-panglima perang serta orang-orang berkuda menyertai Nehemia! Renungkanlah sejenak mengapa raja begitu peduli kepada Nehemia seorang juru minum? Tentunya Nehemia seorang yang cakap dalam pekerjaannya, sehingga raja begitu peduli terhadapnya. Amsal 22:29 berkata, "Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang hina." Bagaimana dengan Anda? Bagaimana penilaian pimpinan/orang lain terhadap hasil pekerjaanmu? Apakah Anda orang yang bersungguh hati dalam melakukan setiap pekerjaan?


Rabu, 28 April 2010
Kunci Keberhasilan Nehemia: Tekad dan Semangat
Firman hari ini: Nehemia 2:11-20.

Pengajaran:
Mengapa seseorang memerlukan sebuah tekad dan semangat? Karena tanpa tekad yang kuat dan semangat yang gigih, maka seseorang tidak akan pernah mencapai suatu kesuksesan di dalam hidupnya. Untuk membangun kembali Yerusalem, Nehemia berkata, "Allah semesta langit, Dialah yang membuat kami berhasil! Kami, hamba-hamba-Nya, telah siap untuk membangun," (Nehemia 2:20). Nehemia yakin bahwa Allah menyertai dirinya untuk kembali membangun Yerusalem. Hal ini yang membuatnya memiliki tekad dan semangat. Dan melalui tekad Nehemia ini, seluruh orang-orang Yahudi juga terpacu untuk bersama-sama membangun kembali kota mereka. John L. Mason berkata, “Satu orang dengan semangat adalah lebih besar daripada kekuatan pasif sembilan puluh sembilan orang yang mempunyai hanya sebuah minat“. Sudahkah Anda juga memiliki semangat untuk maju? Janganlah Anda menyerah, karena Allah semesta langit tetap menyertai Anda.Apakah saat ini Anda sedang mengalami kelesuan karena dirundung berbagai masalah? Mari bangun kembali semangat Anda dan punyai tekad untuk terus maju!


Kamis, 29 April 2010
Nehemia Selalu Waspada
Firman hari ini: Nehemia 4:1-23

Pengajaran:
Nehemia harus selalu waspada ketika membangun kembali Yerusalem, karena ada musuh yang mengintai untuk menggagalkan rencana mereka. Jika mereka menyerah kepada musuh, maka kesempatan tersebut tidak akan pernah terjadi lagi. John Mason berkata, “Bagi orang Kristen yang berjaga-jaga, gangguan-gangguan hanyalah merupakan kesempatan-kesempatan yang terselip secara ilahi. Pada waktu Allah bersiap untuk melakukan sesuatu yang indah, Ia memulai dengan sebuah kesukaran. Pada waktu Ia merencanakan untuk melakukan sesuatu yang sangat indah, Ia memulai dengan suatu kemustahilan,” (Sumber: Anda dilahirkan orisinil, jangan mati sebagai salinan, John L. Mason, Harvest Publication House).
Nehemia memang harus selalu waspada, tetapi ia tidak membiarkan gangguan tersebut sebagai alasan untuk berhenti melakukan sesuatu bagi Allah dan umat-Nya. Kewaspadaan membawa Nehemia selalu berdoa dan berjaga-jaga terhadap segala apapun yang menjadi penghalang bagi dia. Waspadalah terhadap serangan-serangan iblis yang mungkin akan menggagalkan rencana Allah tergenapi dalam hidup Anda. Tetaplah berdoa dan berjaga-jaga!


Jumat, 30 April 2010
Nehemia, Pemimpin yang Sungguh Peduli Terhadap Orang Lain
Firman hari ini: Nehemia 5:1-19

Pengajaran:
Banyak pemimpin pada awalnya memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap orang lain. Tetapi setelah mereka berhasil mencapai impian dan cita-cita mereka atau lebih tepat disebut ambisi mereka, maka mereka lupa diri dan tidak peduli lagi dengan orang lain. Namun Saat Teduh kita hari ini akan memberikan suatu pencerahan baru bagi kita, bahwa sekalipun Nehemia telah menjadi sosok pemimpin teladan, ia masih tetap peduli terhadap orang lain, khususnya terhadap umat Tuhan. Dikatakan, “Maka terdengarlah keluhan yang keras dari rakyat dan juga dari pihak para isteri terhadap sesama orang Yahudi: "Anak laki-laki dan anak perempuan kami banyak dan kami harus mendapat gandum, supaya kami dapat makan dan hidup; Ladang dan kebun anggur dan rumah kami gadaikan untuk mendapat gandum pada waktu kelaparan; Kami harus meminjam uang untuk membayar pajak yang dikenakan raja atas ladang dan kebun anggur kami,”(Nehemia 5:1-4). Ketika mendengar keluhan yang demikian dari rakyat, maka Nehemia menanggapinya, “Maka sangat marahlah aku, ketika kudengar keluhan mereka dan berita-berita itu,”(Nehemia 5:6). Itulah hati seorang pemimpin sejati. Apakah Anda memiliki hati yang benar-benar peduli terhadap hidup orang lain? Jika ya, maka Anda adalah calon pemimpin sejati seperti Nehemia.


Sabtu, 1 Mei 2010
Resep Ilahi Nehemia: Firman Tuhan
Firman hari ini: Nehemia 8:1-19

Pengajaran:
Tidak pernah terjadi di dalam sejarah sebelumnya di mana iklan-iklin di media massa terlalu banyak menayangkan resep-resep ajaib untuk mencapai keberhasilan dalam sekejab. Tetapi, jika kita mencermati firman Tuhan hari ini, maka kita akan mendapati resep sederhana sukses hidup Nehemia. Hanya satu resep tersebut, yakni firman Tuhan. Dikatakan, “Maka serentak berkumpullah seluruh rakyat di halaman di depan pintu gerbang Air. Mereka meminta kepada Ezra, ahli kitab itu, supaya ia membawa kitab Taurat Musa, yakni kitab hukum yang diberikan TUHAN kepada Israel. Lalu pada hari pertama bulan yang ketujuh itu imam Ezra membawa kitab Taurat itu ke hadapan jemaah, yakni baik laki-laki maupun perempuan dan setiap orang yang dapat mendengar dan mengerti. Ia membacakan beberapa bagian dari pada kitab itu di halaman di depan pintu gerbang Air dari pagi sampai tengah hari di hadapan laki-laki dan perempuan dan semua orang yang dapat mengerti. Dengan penuh perhatian seluruh umat mendengarkan pembacaan kitab Taurat itu,”(Nehemia 8:2-4). Rahasia keberhasilan Nehemia adalah mereka mendengarkan firman Tuhan dengan penuh perhatian sampai mereka mengerti apa maksudnya. Sudahkah Anda mengerti apa maksud firman Tuhan bagi hidup Anda? Rindukah lingkungan Anda mengalami kebangunan rohani seperti yang terjadi pada zaman Nehemia? Terapkanlah rahasia Nehemia ini dalam hidup Anda.


Minggu 21/02/10
KESETIAAN NEHEMIA
Firman hari ini: Nehemia 13:1-31

Pengajaran:
Selama seminggu ini, kita telah mempelajari kehidupan Nehemia dan rahasia keberhasilannya dalam memimpin orang Yehuda. Hari ini kita akan mendalami satu hal yang paling krusial dalam hidup Nehemia, yakni kesetiaannya kepada hukum Tuhan. Banyak orang yang memulai dengan bagus, tetapi mengakhirinya dalam keadaan yang menyedihkan. Namun, hal itu tidak terjadi kepada Nehemia. Ia tetap beriman kepada janji Tuhan, “Ya Allahku, ingatlah kepadaku karena hal itu dan janganlah hapuskan segala perbuatan bakti yang telah kulakukan terhadap rumah Allahku dan segala pelayanan di dalamnya!”(Nehemia 13:14). Mari, kita membuat komitmen pribadi dengan Tuhan untuk tetap mengasihi Tuhan dan tetap melakukan apa yang Ia kehendaki untuk kita genapi. Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya, asalkan ia melakukannya dengan iman. Tuhan yang menyertai Nehemia adalah Tuhan yang sama yang menyertai kita.

No comments: