Saturday, September 27, 2008

Penuntun Saat Teduh Pribadi 29 September – 5 Oktober 2008

“Firman yang Keluar dari Mulut Anda”
Bahan diambil dari: 4M Abbalove, Juli 2008

Senin, 29 Oktober

Memproklamasikan Firman Tuhan
Bacaan Firman Tuhan hari ini: Roma 10:4-15

PERTANYAAN PERENUNGAN
1. Dimanakah Firman Tuhan itu berada? (ayat 8)

2. Menurut anda apakah Firman iman itu? (ayat 8B)
3. Tindakan apakah yang harus kita lakukan untuk kita selamat? (ayat 9) Mengapa? (ayat 10)

PENGAJARAN:
Pada 17 Agustus 1945, di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta Ir. Soekarno, presiden pertama RI berdiri di hadapan para pemuda berkata, "PROKLAMASI; Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta, 17 Agustus 1945. Atas nama bangsa Indonesia Soekarno/Hatta. Demikianlah saudara-saudara! Kita sekarang telah merdeka. Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita.” Setelah perkataan Sukarno berakhir, maka Indonesia pun dinyatakan merdeka.
Proklamasi merupakan suatu tanda pengakuan bahwa kita telah dibebaskan dari segala bentuk penjajahan. Kristus telah memerdekakan hidup kita dari segala penjajahan iblis. Di kayu salib Tuhan sudah menyatakan kemerdekaan buat kita, namun diperlukan tindakan praktis kita untuk pengakuan yaitu dengan memperkatakan setiap firman-Nya dalam hidup kita yang telah Tuhan taruh dalam mulut kita. Dengan demikian kita telah mendatangkan kerajaan Allah di bumi seperti di surga.

PENERAPAN PRIBADI

Sudahkah anda memperkatakan Firman dalam hidupmu sehari-hari? Tuliskanlah hal-hal baru yang anda dapatkan melalui perenungan Firman Tuhan hari ini!


Selasa, 30 Oktober

Perkataan yang membungkam musuh
Bacaan Firman Tuhan hari ini: Mazmur 8:1-10

PERTANYAAN PERENUNGAN
1.Dimanakah dasar kekuatan/ dasar pujian yang diletakkan oleh Tuhan? (ayat 3A)

2.Untuk apakah kekuatan/ pujian itu diberikan? (ayat 3B)
3.Mengapa Tuhan memberikan hak/ kuasa sebesar itu? (ayat 6-7)

PENGAJARAN:
“Mama….mimi….mumu……”, demikian biasanya ungkapan bayi-bayi atau anak-anak yang masih menyusu. Tidak jelas artinya bahkan sebagai orang tuanya sendiripun kadang-kadang kita tidak mengerti apa maksudnya. Namun tahukah anda bahwa disanalah Tuhan meletakkan dasar kekuatan dalam mulut bayi-bayi untuk membungkam kekuatan musuh. Wow…sebuah mahluk kecil yang lemah tapi dijadikan Tuhan menjadi luar biasa.Sadarkah kita, bahwa Firman yang telah Tuhan taruh dalam mulut kita sangat penuh kuasa. Karena saat kita mengucapkan perkataan Firman, justru saat itulah kita sedang membungkam kekuatan musuh, sehingga membuat iblis tidak berdaya dan hidup kita boleh dimerdekakan. Untuk itu gunakanlah perkataan Firman tersebut karena dalam mulut anda, Tuhan telah menaruh kemenangan.

PENERAPAN PRIBADI:
Buatlah langkah-langkah praktis yang ingin Anda lakukan untuk mengalami perkataan yang penuh kuasa tersebut dan tuliskan janji-janji Tuhan bagi hidup Anda!


Rabu, 1 Oktober 2008

Firman yang Menyembuhkan
Firman Hari Ini : Kisah Para Rasul 3:1-10

PERTANYAAN PERENUNGAN:
1. Siapakah yang bertemu dengan Petrus dan Yohanes di bait Allah? (ayat 2)
2. Apakah yang Petrus katakan kepada laki-laki tersebut? (ayat 6)
3. Apakah yang terjadi setelah Petrus berkata demikian? (ayat 7-8)


PENGAJARAN:
Awal Agustus 2006, saya mengalami kelumpuhan setelah kaki saya mengalami kram. Pada saat itu dokter memberi saya obat saraf, namun obat yang diberikan tidaklah membawa hasil. Resikonya adalah kematian jika badan saya tidak bisa menerima obat tersebut. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak di suntik, tetapi masih mengkonsumsi 8 butir obat saraf. Ternyata tidak ada kemajuan dari obat tersebut, bahkan kondisi lever sayapun memburuk. Sayapun merenungkan dan mengucapkan Filipi 4:6 dan pada September 2006, saya menghadiri KKR yang diadakan oleh Abbalove Ministries. Saya begitu dikuatkan pada KKR tersebut, pembicara dalam KKR tersebut berkata bahwa kesembuhan bisa melalui proses. Sayapun mengatur pola makan dengan banyak makan sayur dan buah-buahan. November awal tiba-tiba saya bisa berdiri walaupun tidak bisa bertahan lama. Saya terus latihan sambil mengucapkan firman Tuhan dan saya percaya bahwa saya pasti sembuh. Puji Tuhan, Dia menjawab doa saya, saya bisa berjalan dan sembuh total hingga saat ini. (Tenny, karyawan)


PENERAPAN PRIBADI:
1. Apakah Anda memiliki penyakit atau masalah? Apakah itu?
2. Apa bagian yang harus Anda lakukan (mengatur pola makan/ bertobat dari dosa tertentu, dsb.)?
3. Mulailah setia mengucapkan firman sampai terjadi mujijat Allah.


Kamis, 2 OKTOBER 2008

Hati-hati dengan Perkataanmu
Firman Hari Ini : Matius 12:33-37

PERTANYAAN PERENUNGAN:
1. Bagaimana kita dapat mengenali orang yang baik dan orang yang jahat? (ayat 35)
2. Apa yang dikatakan Yesus tentang ucapan yang sia-sia? (ayat 36)
3. Dengan apakah kita dibenarkan dan karena apa pula kita dihukum? (ayat 37)


PENGAJARAN:
Ada sekelompok pemuda yang sedang mendaki gunung. Setelah menempuh perjalanan yang jauh, mereka lelah dan membutuhkan istirahat. Sementara istirahat, salah seorang di antara mereka pergi ke suatu tempat untuk buang air kecil. Setelah ditunggu sekian lama, pemuda ini tidak muncul juga, sehingga ditinggal oleh rombongannya.
Akhirnya, pemuda ini berangkat sendiri sambil mencari rombongan yang tadi telah meninggalkannya. Namun, dia tidak berhasil menemukan rombongan tersebut. Di tengah perjalanan dia merasa lapar dan haus. Dalam kondisi demikian, dia mencoba mencari apa saja yang dapat diminum atau dimakan, namun makanan yang diharapkan tidak didapatkan juga. Dia putus asa seraya menggerutu di hadapan Tuhan: “Ya Tuhan, daripada saya mati kelaparan, lebih baik saya mati dimakan harimau”.
Dengan sisa-sisa tenaga yang dimilikinya, pemuda ini meneruskan perjalanannya. Namun, betapa terkejutnya, terlihat samar-samar seekor harimau besar sedang berjalan mendekat ke arahnya. Pemuda ini lari tunggang langgang dari kejaran Harimau yang hendak memangsa. Akhirnya, dia menemukan sebuah gua untuk bersembunyi. Dalam gua tersebut dia bergumam demikian,”Tuhan, begitu aja kok dimasukkan hati lho. Saya hanya main-main kok”.
Perkataan apakah yang keluar dari mulut kita? Perkataan Firman Tuhan atau perkataan yang sia-sia? Marilah menggunakan lidah ini untuk memperkatakan Firman Tuhan. Dan bukan sebaliknya.


PENERAPAN PRIBADI:
1. Dalam hal apa atau kepada siapa Anda sering mengucapkan perkataan yang tidak berkenan kepada Allah?
2. Tuliskanlah komitmen yang ingin Anda lakukan terhadap segala ucapan Anda!


Jum’at, 3 OKTOBER 2008

Kekuatan Lidah
Firman Hari Ini : Yakobus 3:1-12


PERTANYAAN PERENUNGAN:
1. Mengapa kita harus mengekang setiap perkataan yang keluar dari lidah kita? (ayat 5)
2. Seperti apakah lidah digambarkan oleh Yakobus? (ayat 6)
3. Apakah nasihat Yakobus tentang menjaga lidah? (ayat 9-12)


PENGAJARAN:
Memang lidah tak bertulang, demikian sebuah ungkapan peribahasa yang mengartikan ucapan seseorang yang tidak konsisten, asal bicara. Lidah sebuah anggota tubuh kita yang kecil, namun menurut Yakobus dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Karena dengan lidah, kita dapat memuji Tuhan, tetapi dengan lidah pula kita dapat mengutuk manusia.
Sebagai murid Kristus kita wajib menjaga lidah terhadap segala ucapan kita; bahwa apa yang keluar dari lidah kita adalah perkataan yang mendatangkan kerajaan Allah bagi orang yang mendengarkan, bukan sebaliknya.

PENERAPAN PRIBADI:
Buatlah komitmen untuk menggunakan lidah hanya untuk membangun iman sesama, meskipun Anda dalam keadaan memarahi / menegur kesalahan mereka.

Sabtu, 4 OKTOBER 2008
Tuhan Menjawab Doa
Firman Hari Ini : Roma 10:16-21


PERTANYAAN PERENUNGAN:
1. Berapa banyak orangkah yang bersedia menerima kabar baik dari Tuhan? (ayat 16).
2. Dari manakah iman timbul? (ayat 17).
3. Sejauh manakah suara yang menggema itu? (ayat 18-19).


PENGAJARAN:
Kami merasakan kebaikan Tuhan yang luar biasa, ketika kami intim dengan Tuhan melalui firman yang terdapat dalam 4M. Saya dan isteri selalu bangun setiap jam 4 pagi untuk membaca firman, berdoa dan mengucapkannya. Kami lakukan ini setiap hari, khususnya Doa Bapa kami dalam Matius 6:9-13. Kami terus-menerus mengucapkan firman ini selama 2 tahun, Tuhan membuat mujizat atas anak kami yang sedang bekerja di Australia. Tiba-tiba ia menelpon kami dan berkata bahwa ia diangkat sebagai manager di kantornya. Padahal ia baru bekerja selama dua tahun, sedangkan untuk menjadi seorang manager membutuhkan waktu kira-kira sepuluh tahun. Saat mendengar hal ini, kami tahu bahwa Tuhan menjawab doa karena kami selalu memperkatakan firman Tuhan setiap hari. Selain itu, perusahaannya juga menyediakan rumah bagi dia. Tuhan itu luar biasa! (Hamid, wiraswasta).


PENERAPAN PRIBADI:
Tuliskanlah cara-cara praktis yang ingin Anda lakukan untuk membuat iman Anda bertumbuh.


Minggu, 5 Oktober

Merobohkan Tembok Penjara
Bacaan Firman Tuhan hari ini: Kisah Para Rasul 16:19-34

PERTANYAAN PERENUNGAN:
1.Apakah yang dialami Paulus dan Silas? (ayat 19-24)

2.Apakah yang dilakukan Paulus dan Silas dalam penjara? (ayat 25)
3.Apakah yang terjadi setelah Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian? (ayat 26)

PENGAJARAN:
Sebuah penjara pada jaman dahulu biasanya dibangun dengan bangunan yang begitu kokoh dan sangat kuat, hal ini dimaksudkan agar tidak ada satupun dari narapidana melarikan diri. Sekiranya ada yang mencoba melarikan diri dengan membobol tembok hal ini pasti membutuhkan perencanaan yang matang dan kerja keras yang luar biasa untuk mereka bisa melarikan diri disamping belenggu yang mengikat mereka. Sebuah penjara di Filipi telah membuat kisah yang menghebohkan. Melalui nyanyian dua orang terpidana bisa menggoncangkan bumi sehingga sendi-sendi penjara goyah, pintu-pintu penjara terbuka dan belenggu-belenggu para narapidana juga terbuka. Begitu dahsyatnya kah nyanyian yang mereka nyanyikan? Paulus dan Silas, dua orang terpidana dalam penjara tersebut yang telah membuat penjara di Filipi digoncangkan dengan puji-pujian yang mereka naikan untuk Tuhan. Bukan sembarang pujian yang keluar dari mulut mereka, namun pujian yang penuh kuasa yang sanggup menghancurkan belenggu. Bagaimana dengan perkataan yang keluar dari mulutmu? Apakah sanggup merobohkan belenggu-belenggu dan penjara dalam hidupmu?

PENERAPAN PRIBADI:
Tuliskanlah komitmen anda dalam memperkatakan Firman Tuhan.

No comments: