Saturday, September 19, 2009

PENUNTUN SAAT TEDUH PRIBADI 21-27 SEPTEMBER 2009

“Kuasa yang Meyakinkan”
Sumber: e-4M abbalove.org

"Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil!
Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu,”
-Lukas 12:32-

Senin 21 September 2009
ALLAH BERANI BERSUMPAH AGAR MEYAKINKAN UMATNYA
Firman hari ini: Ibrani 6:9-20

Pengajaran:
Allah yang kita sembah adalah Allah yang menciptakan langit, bumi, alam raya dan segala yang ada di dalamnya. Allah menjadikan segala sesuatu dengan firman-Nya. Karena Allah adalah pencipta, maka Ia tidak perlu bersumpah. Namun, di dalam Alkitab kita menemukan bahwa Allah bersumpah kepada umat pilihan-Nya setelah Ia memberikan janji-janji kepada mereka. Mengapa Allah bersumpah? Apakah karena Allah kurang meyakinkan? Atau Allah tidak lebih besar kuasa-Nya dari ilah-ilah lain? Tidak demikian. Tujuan Allah bersumpah adalah untuk meyakinkan orang percaya, bahwa janji Tuhan pasti ditepati!
Pernahkah Allah berjanji pada Anda? Jika ya, yakinkah anda bahwa janji-Nya akan digenapi dalam hidup anda? Tulislah pada buku harian anda tentang janji-janji Tuhan dalam hidup anda, dan catatlah apa yang sudah Allah kerjakan dalam hidup Anda.


Selasa 22 September 2009
YESUS ADALAH SANG GEMBALA YANG PALING MEYAKINKAN
Firman hari ini: Yohanes 21:15-19

Pengajaran:
Ketika Yesus berkata, “Akulah gambala yang baik,” maka Ia menghidupi perkataan-Nya. Ia rela menyerahkan nyawa-Nya sebagai penebus dosa bagi orang-orang yang percaya kepada Dia. Ketika Petrus yang adalah murid Yesus menyangkal Yesus sebagai gurunya, Yesus tetap meyakinkan Petrus bahwa Ia masih mengasihinya. Kata Yesus, “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?... gembalakanlah domba-dombaKu.” Ini adalah pernyataan meyakinkan yang diberikan oleh Yesus kepada Petrus agar Petrus tidak merasa tertolak. Berapa kalikah Anda pernah gagal seperti Petrus, tetapi Yesus masih mempercayai Anda? Yakinlah bahwa Dia tidak pernah menolak Anda, karena Dia adalah gembala yang baik. Peganglah janji-Nya dalam hidup Anda dan bangkitlah mendekat kepada Dia.

Rabu, 23 September 2009
DANIEL ADALAH PRIBADI YANG SANGAT MEYAKINKAN
Firman hari ini: Daniel 1:1-21

Pengajaran:
Salah satu tokoh terkenal di dalam Alkitab adalah nabi Daniel. Ia menduduki jabatan-jabatan penting selama beberapa raja-raja Babel memerintah dalam kerajaannya. Raja berganti raja, tetapi Daniel tetap mendapatkan jabatan penting dalam pemerintahan mereka. Apakah yang membuat Daniel bisa disegani seperti itu? Karena nabi Daniel adalah pribadi yang sangat meyakinkan dalam kehidupan kesehariannya dengan Tuhan. Bagaimana dengan kita? Sudahkan kita menjadi pribadi yang meyakinkan dalam keseharian kita, sehubungan dengan identitas kita sebagai anak Tuhan? Mari kita membuat komitmen untuk menjadi pribadi yang meyakinkan di mana pun kita berada.


Kamis, 24 September 2009
PAULUS YANG MEYAKINKAN TENTANG BERITA YANG DIBAWANYA
Firman hari ini: Roma 1:16-17

Pengajaran:
Pernahkah Anda tidak yakin dengan apa yang ingin sampaikan kepada seseorang? Seperti apakah keyakinan, Anda bila Anda diminta untuk mempresentasikan keyakinan iman Anda? Jika Anda masih ragu, maka renungan firman Tuhan hari ini akan memberikan semangat dan kasih karunia bagi Anda untuk berani meyakinkan orang lain tentang apa yang ingin Anda sampaikan. Karena keteguhan hati Paulus untuk memberitakan kabar baik yang ia yakini sebagai kekuatan yang dahsyat dapat memberi semangat baru kepada Anda untuk tetap teguh berjuang bagi kemuliaan Allah.


Jumat, 25 September 2009
PRIBADI YANG MEYAKINKAN TIDAK PERNAH TAKUT TERHADAP APAPUN
Firman hari ini: Lukas 12:22-34

Pengajaran:
Pernahkah Anda ragu atau tidak yakin dalam menjalani hidupmu? Yesus memberikan janji yang menguatkan kepada kita bahwa kita tidak perlu takut. Yesus berkata, "Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu,”(Lukas 12:32). Situasi apapun yang sedang terjadi dalam hidupmu, yakinlah Tuhan selalu tahu yang terbaik buat anak-anak-Nya.







Sabtu, 26 September 2009
MEMILIKI KEYAKINAN YANG TEGUH DAN TIDAK BIMBANG
Firman hari ini: Roma 14:13-23

Pengajaran:
Chuck Pierce menulis, “Bernubuat adalah menyampaikan pikiran serta isi hati Allah seperti yang disingkapkan oleh Roh Kudus. Nubuatan adalah curahan hati dan sifat alam Allah,” (Sumber: buku: Ketika Allah berbicara, penerbit Shofar Media Ministry). Tetapi, banyak orang yang masih hidup di dalam kebimbangan setelah mendengarkan/menerima sebuah nubuatan atas hidup pribadi mereka. Mengapa demikian? Karena mereka tidak yakin sepenuhnya atas janji Tuhan dalam hidup mereka. Pada saat hati seseorang dipenuhi dengan kebimbangan, maka iblis akan mengambil manfaat besar dari nubuatan yang tidak dimengerti/dipahami dan menghancurkan korbannya. Itulah sebabnya, Paulus berkata, “Berpeganglah pada keyakinan yang engkau miliki itu, bagi dirimu sendiri di hadapan Allah. Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan,” (Roma 14:22). Jadi, kita harus memiliki keyakinan yang teguh atas apa yang Tuhan janjikan dan tetap memegangnya sampai janji itu tergenapi.


Minggu, 27 September 2009
ESTER MEMILIKI PENAMPILAN YANG MEYAKINKAN DI HADAPAN AHASYWEROS
Firman hari ini: Ester 2:1-18

Pengajaran:
Apakah yang akan dilakukan oleh seorang gadis ketika mengikuti kontes ratu kecantikan dunia? Mereka akan melakukan apa saja supaya penampilan mereka bisa meyakinkan para juri. Hal ini bisa dilakukan oleh Ester untuk meyakinkan raja Ahasyweros, tetapi Ester justru tidak melakukannya. Dikatakan, “Ketika Ester -- anak Abihail, yakni saudara ayah Mordekhai yang mengangkat Ester sebagai anak -- mendapat giliran untuk masuk menghadap raja, maka ia tidak menghendaki sesuatu apa pun selain dari pada yang dianjurkan oleh Hegai, sida-sida raja, penjaga para perempuan. Maka Ester dapat menimbulkan kasih sayang pada semua orang yang melihat dia,”(Ester 2:15). Ester tidak gegabah dalam hal menggunakan fasilitas yang ada, tetapi justru penampilannya malah meyakinkan sekali sehingga ia terpilih menjadi ratu menggantikan ratu Wasti yang telah dibuang. Semuanya ini mengajarkan hal yang penting bahwa penampilan dari seseorang yang mengandalkan Tuhan pasti sangat meyakinkan sekali.

No comments: