Sunday, January 11, 2009

Berfokus kepada Tuhan

FOKUS KITA - 11 Januari 2009

Pesan Tuhan melalui khotbah yang disampaikan oleh Pdm. Harun Imam Santoso (TKJ Krispen) pada akhir tahun 2008 yang lalu patut kita pegang selama menjalani tahun yang baru ini.

Boleh saja kita tidak tahu secara persis apa yang akan terjadi sepanjang tahun 2009 ini, namun yang pasti kita harus tahu bahwa dalam segala keadaan kita memiliki tujuan hidup yang pasti dan jelas, yaitu menjadi serupa Kristus. Menjadi serupa Kristus berarti menjadi saksi Kristus dan melakukan kehendak Bapa. Jika kita benar-benar tahu tujuan hidup kita maka keadaan apapun tidak akan dapat menghalangi kita untuk menjadi saksiNya.

Mengambil contoh dari kehidupan Daniel, Sadrakh, Mesakh dan Abednego, Bapak Harun memberikan tips bagaimana menjadi saksi Kristus di tengah tantangan jaman yang semakin besar:

1. Menjaga Kekudusan (Daniel 1: 8)
Setiap orang percaya harus berketetapan untuk hidup dalam kekudusan, tidak menajiskan diri dengan apa yang ditawarkan oleh dunia ini yang tidak berkenan kepada Tuhan. Komitmen untuk menolak segala sesuatu yang dapat mencemarkan hidup adalah keputusan penting dan mendasar bagi setiap orang percaya. Oleh sebab itu, kita harus menjaga mata, telinga dan pikiran kita dimana melaluinya kecemaran dunia dapat masuk dalam hidup kita. Kita tidak boleh meremehkan hal-hal yang kecil yang bisa membuat kita tercemar. Kita perlu berkaca dari kisah Simson bahwa ketidakkudusan bisa menghancurkan kita. Kepada orang yang menjaga kekudusan hidupnya, Tuhan memberikan anugerah khusus. Dalam Daniel 1:20 Tuhan memberikan anugerahNya yang berupa kesehatan prima serta kecerdasan di atas rata-rata kepada Daniel. Berpuasa untuk mengendalikan hawa nafsu dan bersedia dibina untuk dijagai adalah beberapa cara untuk menjaga kekudusan.

2. Tetap Berfokus kepada Tuhan (Daniel 6:11)
Ketika kita berfokus kepada Tuhan maka kita tidak akan berfokus kepada ketakutan kita, masalah maupun diri kita, sebaliknya kita menjadi siap menghadapi segala keadaan (termasuk situasi-situasi yang menjepit kita sekalipun). Bagaimana kita dapat terus berfokus, mengarahkan pandangan kita kepada Tuhan? Berdoa serta merenungkan firman dengan sungguh-sungguh.

3. Setia sampai akhir (Daniel 3:16-18)
Ada 4 golongan orang dalam hidup ini, yaitu: orang yang berani hidup-takut mati; takut hidup-berani mati; takut hidup-takut mati; dan orang yang berani hidup-berani mati. Karena kesulitan, orang banyak meninggalkan Tuhan. Namun, Tuhan berjanji akan memberikan mahkota kehidupan bagi orang yang setia sampai akhir. Akankah kita menjadi orang yang setia sampai akhir?

Apapun yang akan kita hadapi di tahun yang baru ini, kita perlu memutuskan untuk berani melangkah dengan iman dalam kekudusan, kesetiaan dengan tetap berfokus kepada Tuhan, karena Dialah yang berkuasa dan dapat mengatasi segalanya (Daniel 2:47).

No comments: