Monday, October 18, 2010

Penuntun Saat Teduh Pribadi 18 - 24 Oktober 2010

Bahan diambil & diedit seperlunya dari: e-4m abbalove


Senin, 18 Oktober 2010
Pada Mulanya
Firman hari ini: Kejadian 1:1-31

Pengajaran:
Semuanya dimulai dengan Allah. Allahlah yang menciptakan langit dan bumi. Ia menciptakan semuanya hanya dengan berfirman. Segala sesuatu diciptakan Allah hanya dengan berfirman. Namun, hanya terhadap manusia saja Allah menciptakannya menurut gambar dan rupa Allah sendiri. Tujuannya adalah manusia diberi kuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi. Tuhan menyediakan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohon yang buahnya bisa dimakan oleh manusia. Tuhan menciptakan semuanya sempurna demi manusia. Oleh karena itu, kita perlu bersyukur kepada Tuhan atas rencana-Nya yang sempurna atas kita, yang menjadi ciptaan-Nya yang mulia.


Selasa, 19 Oktober 2010
Firman yang Telah Menjadi Manusia
Firman hari ini : Yohanes 1:1-14

Pengajaran:
Firman Allah adalah perkataan Allah dan yang sekaligus adalah Allah sendiri. Allah dan firmanNya tidak dapat dipisahkan. Jika kita percaya kepada Allah, maka kita juga harus percaya kepada perkataan Allah atau firmanNya. Firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kita. Kita semua yang telah percaya kepada Kristus yakin bahwa kita telah melihat kemuliaanNya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Jadi, jika kita telah menjadi anak-anak Allah, maka kita mempunyai hak untuk mengalami pengalaman bersama Yesus, firman yang telah menjadi manusia. Sudahkah Anda mengalaminya?


Rabu, 20 Oktober 2010
MEMILIKI DASAR YANG TEGUH
Firman hari ini : Matius 7:24-29; Mazmur 11:3

Pengajaran:
Setiap orang yang membangun rumah pasti memperhatikan pondasi atau dasar dari rumah tersebut. Para ahli bangungan selalu menghitung kekuatan fondasi sebuah rumah agar dapat menahan beban dari bangunan tersebut. Tujuannya adalah supaya bangunan itu dapat berdiri teguh, bertahan terhadap goncangan-goncangan yang terjadi di sekitarnya, misalnya: angin badai, gempa, banjir dan lain-lain. Demikian pula dengan kehidupan orang percaya harus dibangun di atas dasar/pondasi yang teguh, yaitu firman Tuhan. Jika kita memilih untuk menjadi orang bijaksana, maka ketika kita membaca dan mendengar firman Tuhan, kita harus berkomitmen untuk melakukannya. Jika kita melakukannya, maka iman kita akan semakin kuat. Demikian akan dibuktikan ketika badai kehidupan datang menerpa diri kita, kita akan tetap teguh dalam Tuhan. Pada saat itulah kita akan melihat Tuhan dan menceritakan mukjizatNya kepada orang lain.


Kamis, 21 Oktober 2010
Firman Itu Sangat Dekat Denganmu
Firman hari ini : Ulangan 30:11-20; Roma 10:8

Pengajaran:
Ketika kita menerima Tuhan Yesus di dalam hidup kita, maka secara otomatis kita juga menerima firman Tuhan. Lalu, Tuhan menaruh hukum-hukum-Nya di dalam roh kita. Kemudian Tuhan memberikan hati nurani sebagai “alarm” bagi kita untuk mengingatkan kita ketika kita melanggar firman firman dalam kehidupan setiap hari. Tuhan yang telah memberikan firman yang tertulis (logos), agar kita selalu diingatkan tentang langkah-langkah hidup kita telah “dipagari” oleh firman Tuhan. Kerinduan Tuhan bagi kita adalah agar hidup kita diberkati oleh Tuhan sesuai dengan perkataan Yesus, “Aku datang supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan,”(Yohanes 10:10b). Tuhan menciptakan kita dengan kehendak bebas untuk memilih: apakah kita mentaati Dia atau tidak. Karena Tuhan rindu agar kita memilih kebenaran-Nya yaitu firman Tuhan supaya kita diberkati.


Jumat, 22 Oktober 2010
Mengalami Damai dan Bahagia Terus-Menerus
Firman hari ini : Yesaya 48:17-19

Pengajaran:
Tuhan bukan hanya menebus hidup kita, tetapi Dia juga yang terus-menerus bergerak di dalam kehidupan kita. Tuhan mengajari kita tentang jalan-jalan-Nya, agar kehidupan kita selalu diberkati. Dalam renungan hari ini, Tuhan mengajar kita untuk selalu memperhatikan perintah-perintahNya dan tidak melanggar perintah Tuhan tersebut. Ketika kita melanggar perintah Tuhan, maka hati kita tidak akan merasakan damai sejahtera. Tuhan rindu agar kehidupan kita selalu mengalami damai sejahtera dan kebahagiaan, bahkan Tuhan berjanji bahwa keturunan kita akan diperhatikan oleh Tuhan. Rindukah Anda mengalami janji Tuhan ini? Mari kita setia memperhatikan dan melakukan perintah-perintah Tuhan supaya hidup kita selalu dipenuhi damai sejahtera dan kebahagiaan!


Sabtu 23 Oktober 2010
SEMUA FIRMAN ALLAH ADALAH MURNI
Firman hari ini : Amsal 30:5-6; Mazmur 119:105

Pengajaran:
Firman Tuhan adalah pribadi Tuhan sendiri. Firman Tuhan adalah ya dan amin bagi orang yang mempercayainya. Firman Tuhan sudah sangat sempurna dan tidak perlu ditambahkan lagi oleh kita. Oleh sebab itu, lakukanlah semua firman Tuhan tepat seperti yang diperintahkanNya kepada kita dan jangan sampai kita menambahi atau menguranginya. Sudah begitu banyak godaan di dalam dunia ini yang membuat kita jatuh ke dalam dosa, tetapi apabila kita berlindung kepada firman Tuhan, maka firman Tuhan akan terus menjaga hidup kita. Firman Tuhan adalah perisai bagi hidup kita dan menjadi pelita bagi kaki kita serta terang bagi jalan kita.


Minggu, 24 Oktober 2010
Bahagia Orang yang Hidup SESUAI Taurat Tuhan
Firman hari ini : Mazmur 119 :1-16

Pengajaran:
Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut taurat Tuhan. Kebahagiaan hidup akan kita alami ketika kita hidup di dalam firman Tuhan. Dunia ini menawarkan kebahagiaan yang semu, misalnya: pencapain karier, mempunyai uang yang banyak, menjadi orang terkenal, dan sebagainya dengan cara yang mudah. Tuhan menawarkan kebahagiaan yang sesungguhnya, yang tidak diukur dari luar atau dengan kata lain “sepertinya bahagia.” Kebahagiaan yang diberikan oleh Tuhan adalah sangat nyata dan memuaskan kehidupan kita. Ketika kita berbahagia oleh karena Tuhan, maka kitapun akan menjadi saluran berkat bagi orang-orang yang hidupnya hampa atau kosong karena mereka belum menemukan kebahagiaan sejati di dalam Tuhan.

No comments: