Sunday, August 23, 2009

Penuntun Saat Teduh Pribadi 24-30 Agustus 2009

Tetaplah Berdoa

“Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”
-I Tesalonika: 5:16-18-

Sumber: e-4M abbalove.org


Senin, 24 Agustus 2009
TETAPLAH BERDOA
Firman hari ini: I Tesalonika 5:16-22

Pengajaran:
Masih ingatkah Anda akan kasih mula-mula Anda pada Yesus? Kasih pertama Anda saat berjumpa dengan Yesus dan menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat Anda. Semua terasa indah, karena Yesus selalu ada di hati. Setiap saat selalu ingin berkomunikasi dengan Yesus dalam doa. Kemudian pencobaan dan masalah telah silih berganti datang dalam hidup Anda, apakah cinta Anda kepada Yesus saat ini tetap sama dengan cinta mula-mula Anda? Masihkah Anda selalu tetap berdoa dan mengucap syukur senantiasa dalam segala hal? Firman Tuhan hari ini berkata: tetaplah berdoa, karena doa seperti oksigen yang memberi pembakaran untuk mendatangkan kekuatan bagi tubuh Anda. Apapun pencobaan yang terjadi dalam hidup Anda, jangan pernah tinggalkan doa, karena doa merupakan nafas hidup kita.


Selasa, 25 Agustus 2009
SEJAUH DOA
Firman hari ini: Mazmur 139:1-12

Pengajaran:
Sebuah bayangan adalah pantulan dari refleksi sebuah benda. Sebuah bayangan akan selalu mengikuti kemana benda tersebut bergerak, ia sangat dekat dengan benda tersebut dan bayangan tidak akan pernah pergi jauh dari sebuah benda yang empunya bayangan tersebut. Dalam Mazmur 139 Daud menggambarkan kedekatannya dengan Allah. Kemana dan dimanapun, ia selalu merasakan keberadaan Allah disisinya seperti sebuah benda dengan bayangannya. Begitu pula Tuhan terhadap Anda. Dia tidak pernah jauh dari Anda, Dia hanya sejauh doa Anda. Apakah Anda merasakannya?


Rabu, 26 Agustus 2009
KUASA DOA
Firman hari ini: Yakobus 5:12-20

Pengajaran:
Setiap jam 5 pagi saya selalu menyediakan waktu untuk saat teduh dan berdoa. Kebiasaan doa yang dibangun setiap hari membawa dampak yang luar biasa terjadi dalam hidup keluarga saya. Dahulu suami saya sangat terikat dengan judi, terkadang karena judi ia tidak pernah pulang kerumah berhari-hari. Sebagai seorang istri saya tetap mendoakan suami saya agar Tuhan memulihkan hidupnya. Pergumulan dan doa saya bawa kepada Tuhan setiap hari karena hanya Tuhan yang sanggup merubahnya. Akhirnya Tuhan menjawab doa saya! Sekarang suami saya sudah bertobat dan Tuhan juga merubah sifatnya menjadi lembut, bahkan yang luar biasa sekarang suami saya juga melayani di ibadah raya. (Siska, ibu rumah tangga)
Doa orang benar bila yakin didoakan sangat besar kuasanya. Siapapun dan apapun status kita, jika kita sungguh-sungguh berdoa dan percaya, kita akan menerima jawaban doa tersebut.


Kamis, 27 Agustus 2009
ALLAH MENJAWAB DOA YANG DIPANJATKAN DARI KEDALAMAN JIWA KITA
Firman hari ini: 1 Samuel 1:1-28

Pengajaran:
Hana adalah seorang istri Elkana yang tidak mempunyai anak. Ia sangat bersusah hati ketika istri Elkana yang lainnya menyakiti hatinya. Namun, ia tidak pernah putus asa, ia terus menerus berdoa agar Tuhan memberikannya anak. Ia mencurahkan isi hatinya kepada Tuhan. Bapa di sorga melihat sampai kedalaman jiwa wanita yang berdoa ini, dan Tuhan menjawab doanya. Sudah berapa lamakah Anda berdoa untuk masalahmu? Jangan pernah lelah dengan doa Anda. Percayalah bahwa telinga Tuhan tidak kurang panjang untuk dapat mendengar doa Anda.


Jumat, 28 Agustus 2009
JAWABAN DOA
Firman hari ini: Matius 7:7-11

Pengajaran:
Seorang pemuda bersahabat karib dengan seorang pengkotbah tua. Suatu hari, pemuda ini kehilangan pekerjaannya dan tidak tahu lagi harus berbuat apa. Akhirnya, ia memutuskan untuk mencari si pengkotbah tua itu. Ketika berada di ruang belajar si pengkotbah, pemuda ini menceritakan masalah hidupnya. Akhirnya dengan kalap ia mengepal-ngepalkan tinjunya, sambil berteriak, ”Aku memohon kepada Tuhan agar menolongku, tapi mengapa Dia tidak menjawabku?” Pengkotbah tua itu pergi ke ruang lain dan duduk di sana. Lalu ia berbicara sesuatu dan menanti jawaban si pemuda. Tentu saja pemuda itu tidak mendengar dengan jalas, sehingga ia ikut-ikutan pindah ruangan. “Apa yang kamu katakan?” tanya pemuda ini penasaran. Pengkotbah ini mengulangi lagi kata-katanya dengan perlahan sekali, seperti sedang bergumam sendiri. Tetapi, si pemuda belum menangkap bisikan pengkotbah itu. Dia terus mendekati pengkotbah tua ini dan duduk di bangku sebelahnya. Pemuda itu lagi-lagi bertanya, “Apa yang kamu katakan? Maaf, tadi aku belum mendengarnya.” Dengan lembut, pengkotbah itu memegang pundak si pemuda, “Saudaraku, Allah kadang-kadang berbisik, jadi kita perlu lebih dekat menghampiriNya, agar dapat mendengar Dia dengan jelas.”
Kita seringkali menginginkan jawaban Tuhan bak petir yang menggelegar di udara dan sekaligus meneriakkan jawaban dariNya. Tetapi, Allah sering berbicara dengan lembut, hanya dengan satu alasan agar Anda mau menghampiri tahtaNya dan lebih dekat lagi kepadaNya. (Billy Joe Daugherty, Led By The Spirit)


Sabtu, 29 Agustus 2009
ANDA TIDAK AKAN PERNAH MENDAPAT NADA SIBUK
Firman hari ini: Yesaya 58:9-12

Pengajaran:
Bayangkan pada saat Anda berdoa dan mendengar ini:“Terima kasih Anda telah menghubungi Rumah Bapa.”Tekan 1 untuk memintaTekan 2 untuk mengucap syukurTekan 3 untuk mengeluhTekan 0 untuk berbicara kepada operator Bapa
Atau Anda juga mendengar ini:“Maaf, semua malaikat sedang membantu pelanggan lain. Silakan coba beberapa saat lagi.”“Kantor ini tutup pada akhir minggu. Silakan menelpon kembali pada hari Senin.”
Namun puji Tuhan, Allah mengasihi kita, Anda dapat menelponnya setiap saat! Anda hanya perlu untuk memanggilNya sekali dan Tuhan mendengar Anda. Anda tidak akan pernah mendapat nada sibuk. Tuhan menerima setiap penggilan dan mengetahui siapa pemanggilnya secara pribadi. Ketika anda memanggil dan Tuhan akan menjawab; ketika anda menangis minta tolong dan Dia akan berkata: “Ini AKU” (sumber: www.glorianet.org)

Minggu, 30 Agustus 2009
RUMAH DOA
Firman hari ini: Matius 21:12-17

Pengajaran:
Ketika Yesus masuk ke bait Allah, Yesus menemukan bait Allah tersebut telah menjadi rumah jual beli dan menjadi sarang penyamun. Yesus marah melihat ini semua, lalu Ia membersihkan dan menyucikan rumah tersebut dan menjadikan rumah tersebut rumah doa.Demikianlah dalam hidup kita, tubuh kita adalah bait Allah tapi seringkali kejahatan masih ada dalam tubuh kita: mementingkan diri sendiri, bergantung pada kekuatan sendiri. Yesus mau menyucikan hidup kita dan menjadikan kita rumah doa, dimana segala bangsa akan datang, sehingga anda membawa bangsa-bangsa tersebut dalam doa supaya mereka menemukan keselamatan dan yang lemah dipulihkan. Jadikanlah doa sebagai gaya hidup Anda. Lakukanlah segala sesuatu dengan doa, karena doa adalah tanda bahwa kita bergantung kepada kekuatan Tuhan.

No comments: