Monday, October 1, 2007

PRESBITORIAL

Berbeda-beda, SATU Tujuan

Suatu bangunan dapat berdiri kokoh karena ada kesatuan antara semen, batu bata, pasir, dan air. Tidak ada bangunan yang dapat berdiri kokoh jika setiap bahan yang digunakan tidak disatukan alias berdiri sendiri-sendiri. Sebab, dalam perbedaan, semua bahan tersebut saling menopang dan melengkapi antara satu dengan yang lain. Air dengan semen memiliki karakteristik yang berbeda. Air adalah benda cair dan semen benda padat. Namun, bila kedua materi tersebut diolah dengan benar, tembok yang kokoh dapat tercipta.

Karunia-karunia yang Tuhan berikan kepada setiap kita juga berbeda-beda. Ada yang diberi karunia bernubuat, melayani, mengajar, dan lainnya. Tetapi, setiap karunia akan dapat berfungsi maksimal ketika saling melengkapi dan menopang satu sama lain. Mungkin kita diberi karunia melayani oleh Tuhan. Namun, siapa yang akan mengajar orang yang kita layani untuk dapat bertumbuh dalam kebenaran firman Tuhan sehingga menjadi murid sejati? Tentu orang yang diberi karunia mengajar, bukan? Dan apabila kita pada suatu saat mengalami kekurangan untuk pergi kepada jiwa-jiwa yang masih terhilang, mereka yang diberi karunia memberi akan dipakai Tuhan untuk menolong kita. Semua karunia Tuhan berikan berbeda-beda (1 Kor. 12:27-28) namun saling berkaitan karena Tuhan memiliki maksud serta tujuan yang luar biasa, yaitu membangun dan memberkati sesama.

Sama seperti anggota tubuh jasmani kita. Mata, telinga, hidung, mulut, tangan dan kaki memiliki fungsi sendiri-sendiri, tetapi fungsi mereka saling berkaitan, mempengaruhi dan menopang. Demikian pula setiap karunia SANGAT PENTING perannya di mata Tuhan. Tuhan rindu melalui karunia masing-masing, kita berfungsi dan saling melengkapi sehingga kita dapat membangun Tubuh Kristus yang sehat, kokoh dan berdampak seperti yang diinginkan oleh Tuhan. Mari kembangkan karunia yang Tuhan berikan dengan melayani sesama. (Ruth Salmah, PA Family)

No comments: