Saturday, December 18, 2010

Penuntun Saat Teduh Pribadi 20-26 Desember 2010

"Kualitas Hidup & Kepemimpinan Yesus (2)”

“Kata Yesus kepada mereka:

"Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku

dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.”

-Yohanes 4:34-

Bahan diambil & diedit seperlunya dari: e-4M Abbalove

Senin, 20 Desember 2010

#8 Yesus Menghabiskan Waktu Bukan Untuk Berkhotbah di Depan Banyak Orang, tetapi Untuk Mendidik & Melatih Murid-muridNya
Firman hari ini: Markus 9:30-32

Pengajaran:

Yesus tidak mau kedatanganNYA diketahui orang banyak ketika IA tiba di Galilea karena IA sedang fokus mengajar murid-muridNYA. Proses mencetak murid & pemimpin menghabiskan waktu yang cukup panjang & terus menerus. Proses tersebut tidak bisa dibuat "instan" atau "shortcut" hanya mengandalkan training/seminar saja. Yesus sadar akan hal tersebut. Cobalah amati kegiatan Yesus di seluruh kitab Injil, hampir 100% kegiatan Yesus dilakukan bersama-sama dengan ke-12 muridNYA. Cara Yesus melatih & mendidik ke-12muridNYA dilakukan bersamaan saat IA melayani orang-orang dari rumah ke rumah di berbagai tempat. Yesus bermaksud supaya ke-12 muridNYA-lah yang menjadi orang besar & bukan diriNYA. Karena itulah Yesus menghabiskan waktuNYA (spend time) untuk melatih & mendidik ke-12 muridNYA. Bagaimana dengan Anda? Cek agenda Anda selama ini. Sebagian besar waktu Anda dihabiskan untuk apa? Memuridkan sekelompok orang atau berkotbah di depan banyak orang? Atau untuk apa? Mari ikuti teladan Yesus.

Selasa, 21 Desember 2010

#9 Yesus Mengetahui Apa yang Harus Ia Selesaikan dan Yesus Menyelesaikan Apa yang Sudah Ia Mulai
Firman hari ini: Yohanes 19:28-30

Pengajaran:

Yesus menyelesaikan dengan tuntas segala tugas serta tanggung jawabNya di dunia ini. Jika Anda berani memulai sesuatu, Anda juga harus berani menyelesaikannya. Janganlah Anda menjadi pribadi yang bersemangat hanya di permulaan. Ada pepatah berkata: Ada kepala tetapi tidak ada buntut. Yesus mengetahui dengan jelas semua tugas, pelayanan, tujuan, target dan deadline (batas akhir) waktuNya. Yesus tidak "muter-muter" kerjanya. Yesus punya pelayanan yang jelas, pekerjaan yang jelas, tujuan yang jelas, target yang jelas serta deadline waktu yang jelas. Apakah Anda sedang "muter-muter" sekarang? Apakah Anda tahu apa yang harus Anda selesaikan? Apakah Anda sudah menyelesaikan pekerjaan dan pelayanan yg sudah Anda mulai? Mari ikuti teladan Yesus.

Rabu, 22 Desember 2010

#10 Yesus Bertanggung Jawab (Accountable) kepada BapaNya
Firman hari ini: Yohanes 4:31-34

Pengajaran:

Kata Yesus: MakananKu ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaanNya. Langkah awal menjadi pemimpin besar dimulai dengan menjadi murid yang memiliki akuntabilitas (accountable). Sikap "Accountable" kepada seseorang bukan hanya berarti sekedar loyal/setia kepada orang tersebut. Sikap "Accountable" juga bukan cuma perkataan manis yang keluar dari mulut Anda. Sikap "Accountable" kepada seseorang adalah sikap "YES & DONE" (ya & selesai) terhadap apa yang diminta orang tersebut. Yesus melakukan dan menyelesaikan apa yang diminta BapaNya. Yesus memiliki sikap "accountable" kepada BapaNya. Anda memiliki sikap "accountable" kepada siapa?

Kamis, 23 Desember 2010

#11 Yesus Memberi Solusi, Bukan Teori
Firman hari ini: Matius 14:13-21 dan Matius 15:32-39

Pengajaran:

Kata murid Yesus saat ribuan orang mengikuti mereka saat hari menjelang malam: "Suruhlah orang banyak itu pergi untuk membeli makanan di desa-desa." Jawab Yesus: "Bawalah kemari roti & ikan tersebut sehingga mereka tidak perlu pergi karena kamu yang harus memberi mereka makanan. Yesus tidak berteori tetapi berfokus mencari & memberikan solusi atas problem hidup orang yang mendatangiNYA. Yesus tidak menekankan murid-muridNYA untuk hanya mengerti banyak tetapi juga untuk melakukan banyak. Bagaimana dengan Anda selama ini? Apakah Anda lebih banyak berteori atau memberi solusi? Mari ikuti teladan Yesus.

Jumat, 24 Desember 2010

#12 Yesus Konsisten Melakukan Pelayanan Orang Percaya
Firman hari ini : Matius 4:23-25 ; Yohanes 5:1-18

Pengajaran:

Kata Yesus: BapaKu bekerja sampai hari ini, maka Akupun bekerja juga. Apa kesibukan Yesus? Ia sibuk berkeliling dari rumah ke rumah untuk melakukan pelayanan orang percaya kepada orang berdosa sambil membawa dan melatih murid-muridNya. Apa kesibukan Anda hari-hari ini? Apakah sama seperti kesibukan Yesus? Yesus tahu bahwa Ia harus memberi contoh serta teladan untuk terus melakukan pelayanan orang percaya bukan hanya lewat perkataan tetapi juga lewat tindakan. Kapan terakhir kali Anda bertemu dan melayani orang berdosa? Kapan terakhir kali Anda mendoakan orang berdosa? Kapan terakhir kali Anda memberitakan Injil kepada orang berdosa? Sehari yang lalu atau seminggu yang lalu atau setahun yang lalu atau bahkan sepuluh tahun yang lalu? Kerjakan yang seharusnya Anda kerjakan. Mari ikuti teladan Yesus untuk terus melakukan pelayanan orang percaya.

Sabtu, 25 Desember 2010

#13 Yesus Mengangkat Mental & Semangat MuridNya yang Jatuh
Firman hari ini : Lukas 22:31-34, 54-62 ; Yohanes 21:15-19

Pengajaran:

Petrus meyakinkan Yesus dengan penuh kepercayaan diri bahwa ia bersedia mati demi Yesus dan ia tidak akan menyangkal Yesus. Nyatanya, Petrus 3x menyangkal Yesus sewaktu Yesus ditangkap. Teringatlah Petrus bahwa Yesus pernah berkata kepadanya: "Sebelum ayam berkokok, 3x engkau akan menyangkal Aku." Petrus pergi menangis dengan sedihnya akibat perbuatannya. Yesus tahu bahwa Petrus sedang "down" & ber"masalah". Setelah Yesus bangkit dari kematian & sebelum IA naik ke surga, Yesus menyempatkan diri bertemu secara pribadi dengan Petrus untuk memulihkan & mengangkat mental serta semangatnya. Yesus bertanya 3x pula pd Petrus: "Apakah engkau mengasihi AKU?" Yesus meng-"encourage" Petrus untuk bangkit dari kesedihan & menggembalakan saudara-saudaranya. Yesus mengangkat mental Petrus. Akhirnya, Petrus bangkit & dalam matinya, ia mati memuliakan Allah. Ada pepatah: When you believe in people, they do the imposible. Ketika Anda mempercayai seseorang, maka orang tersebut akan melakukan perbuatan yang luar biasa. Bagaimana dengan Anda? Mari ikuti teladan Yesus.

Minggu, 26 Desember 2010

#14 Yesus Bekerja Keras & Beristirahat Cukup
Firman hari ini : Markus 6:30-34

Pengajaran:

Kata Yesus kepada murid-muridNya: "Marilah ke tempat yang sunyi supaya kita sendirian dan beristirahat seketika!" Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi sehingga makanpun mereka tidak sempat. Yesus tidak malas. Yesus pekerja keras. Yesus tidak suka menganggur. Yesus tidak suka membuang-buang waktu. Yesus menggunakan waktuNya dengan maksimal. Yesus juga beristirahat cukup. Bagaimana dengan Anda? Mari ikuti teladan Yesus.

No comments: