Monday, January 17, 2011

Penuntun Saat Teduh Pribadi 17-23 Januari 2011

“Setiap hari…”

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian,

hingga kami beroleh hati yang bijaksana.“

-Mazmur 90:12-

Bahan diambil dan diedit seperlunya dari: e-4M abbalove

Senin 17 Januari 2011

Memiliki Iman Seperti Yesus

Firman hari ini: Yohanes 11: 1-44

Pengajaran:

Untuk memiliki iman seperti Yesus, maka kita harus percaya bahwa apa yang dikatakan oleh Yesus kepada Martha juga ditujukan kepada kita, karena kita ingin melihat kemuliaan Allah. Apakah yang kita percayai tentang kehidupan kita pada hari ini? Apakah kitaa percaya bahwa Dia mampu mencukupi semua kebutuhan kita menurut kekayaan dan kemuliaanNya? Apakah kita percaya bahwa Tuhan memiliki rancangan yang indah atas hidup kita, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan? Apakah kita percaya Yesus mau dan mampu menyembuhkan segala sakit penyakit kita? Renungkan: Kita memperoleh apa yang kita percayai! Oleh karena itu, mari kita merenungkan hari ini apa yang kita percayai. Jika kita percaya bahwa Tuhan telah menyediakan segala sesuatunya bagi kita, maka marilah kita mempercayainya.

Selasa, 18 Januari 2011

Oleh Kasih Karunia, Memiliki Ketahanan Dalam Penderitaan

Firman hari ini: 2 Korintus 4:8-18, Ibrani 13:5b-6

Pengajaran:

Yesus melihat dan mengetahui segala hal yang sedang terjadi di dalam hidup kita saat ini. Jika kita sedang sakit, mengalami masalah keluarga atau masalah keuangan, atau apa pun yang kita sedang alami saat ini, Tuhan tahu dan Ia peduli kepada kita. Mari menguatkan hati, sebab pencobaan-pencobaan yang kita alami ialah pencobaan-pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan manusia. Tuhan setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kita dicobai melampaui kekuatan kita. Pada waktu kita dicobai, Ia akan memberikan kepada kita jalan ke luar, sehingga kita dapat menanggungnya. Tuhan tahu sudah berapa lama kita telah mengalami masalah tersebut. Tuhan menyediakan jalan keluar bagi semua persoalan yang sedang melanda hidup kita. Tuhan berkata, "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata, "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?" Hari ini terimalah dengan iman jawaban atas setiap persoalan yang kita hadapi.

Rabu, 19 Januari 2011

Bergantung Sepenuhnya kepada Tuhan

Firman hari ini: Mazmur 37:1-40

Pengajaran:

Banyak orang Kristen berkata bahwa ia sudah menyerahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan. Tetapi, saat kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diinginkan dalam hidupnya, ia menjadi kuatir dan cemas dengan hidupnya dan mulai meragukan Tuhan, apakah Tuhan mampu melakukan suatu mujijat dalam hidupnya atau tidak. Ia jadi bertanya-tanya apakah Tuhan tetap memegang kendali atas hidupnya atau tidak. Namun sebagai orang percaya, jika kita ingin melihat tangan Tuhan bekerja di dalam hidup kita, maka kita harus percaya kepadaNya sepenuh hati kita. Percaya penuh kepada Tuhan berarti kita bergantung sepenuhnya kepada Tuhan. Itulah sebabnya Daud berkata dalam Mazmur 55:23, ”Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.” Oleh karena itu, marilah kita mempercayai Firman Tuhan sepenuhnya di dalam hidup kita, bahwa apa pun yang dirancangkan oleh Tuhan atas hidup kita pasti terjadi.

Kamis, 20 Januari 2011

Senantiasa Bersukacita

Firman hari ini: Filipi 4:2-9

Pengajaran:

Sangat mudah bagi kita untuk bersukacita ketika kita diberkati oleh Tuhan atau ketika segala sesuatunya berjalan dengan baik. Tetapi, apakah kita masih dapat bersukacita ketika mengalami masa-masa sukar yang datang silih berganti menerpa hidup kita? Firman Tuhan mengajar kita untuk bersukacita senantiasa di dalam Tuhan. Mengapa? Sebab ketika kita senantiasa bersukacita, maka Tuhan bertindak untuk memberikan kelepasan dan kemerdekaan di dalam hidup kita. Tuhan yang berjanji, maka Ia melakukan. Itulah sebabnya, Paulus berani berkata, “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku,” (Filipi 4:13). Mari, kita belajar bersukacita senantiasa di dalam Tuhan apapun situasi yang kita hadapi saat ini. Sebab kita tahu bahwa Tuhan adalah Bapa kita yang baik yang selalu mengasihi kita.

Jumat, 21 Januari 2011

Menjadikan Firman Tuhan Sebagai Prioritas Utama

Firman hari ini: Matius 4:1-11

Pengajaran:

Apakah Anda percaya dengan apa yang Yesus katakan bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap perkataan yang diucapkan Tuhan? Jika ya, maka kita harus mempercayai firman Tuhan seutuhnya. Kita harus menjadikan firman Allah sebagai prioritas utama di dalam hidup kita, khususnya menjadi makanan rohani bagi roh kita. Manusia adalah makhluk roh yang memiliki jiwa dan hidup di dalam tubuh. Tubuh kita membutuhkan makanan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Jiwa juga sangat membutuhkan hiburan untuk tetap segar. Roh kita membutuhkan firman Tuhan sebagai makanan untuk pertumbuhan rohani yang sehat. Jika Anda percaya bahwa Anda tidak hidup tanpa Firman Tuhan, maka prioritas Anda sudah tepat. Sudahkah Anda membaca dan merenungkan firman Tuhan senantiasa? Mari kita mengandalkan Tuhan di dalam hidup kita senantiasa dengan cara menjadikan FirmanNya sebagai yang terutama dalam hidup kita sehari-hari.

Sabtu, 22 Januari 2011

Siap Sedia Memberitakan Injil

Firman hari ini: II Timotius 4:1-8

Pengajaran:

Kita tidak bisa memberikan apa yang tidak kita miliki, tetapi apa yang kita miliki. Apakah Anda memiliki Firman Tuhan yang tertanam dalam hati? Beritakanlah itu. Banyak orang Kristen yang memiliki Alkitab di rumah lebih dari satu, tetapi tidak memiliki Firman Tuhan yang tertanam dalam hatinya. Alasannya hanya satu, yaitu mereka tidak menyediakan waktu untuk membaca dan merenungkan Firman Tuhan. Apakah yang terjadi ketika kita tidak memiliki Firman Tuhan untuk diberitakan? Kita memberitakan hal yang lain. Paulus mengingatkan kita untuk memberitakan Firman Tuhan. Untuk itu, kita harus memiliki FirmanNya yang tertanam di dalam hati kita. Bagaimana cara menanam Firman Tuhan di dalam hati? Dengan membangun 5 disiplin:

· Disiplin membaca Firman Tuhan.

· Disiplin menghafalkan Firman Tuhan yang menjamah hati kita.

· Disiplin Memperkatakan Firman Tuhan.

· Disiplin Merenungkan Firman Tuhan sepanjang hari.

· Disiplin melakukan Firman Tuhan.

Ketika kita melakukan 5 disiplin di atas, kita menanam Firman Tuhan dalam hati kita, sehingga kita akan siap sedia memberitakan Firman Tuhan.

Minggu, 23 Januari 2011

Mendengar Suara Tuhan untuk Melakukannya

Firman hari ini: Ulangan 28:1-14

Pengajaran:

Pernahkah Anda datang ke ibadah minggu atau komsel dengan motivasi hanya untuk mencari berkat? Mengapa Anda beribadah hanya untuk mengejar berkat dan bukannya mencari sumber (pemberi) berkatnya? Tuhan berfirman, ”Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu,”(ayat 2). Di sini, kita melihat bahwa berkatlah yang akan mengejar kita dan bukan sebaliknya. Pernahkah Anda dikejar-kejar berkat? Apakah Anda rindu dikejar berkat? Kuncinya adalah mendengar suara Tuhan. Banyak orang Kristen yang tidak percaya bahwa mereka bisa mendengar suara Tuhan. Mereka bingung bagaimana cara mendengar suara Tuhan. Yesus berkata, ”Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku,” (Yohanes 10:14). Bagaimana cara mendengar suara Tuhan? Yohanes 1:1, berkata, ”Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” Dengarkanlah suara Tuhan dengan membaca firman Tuhan. Bacalah Firman Tuhan dan dengarlah Ia berbicara kepada Anda. Dan lakukan persis apa yang dikatakanNya kepada Anda. Maka berkat-berkatNya akan mengejar Anda.

No comments: