Saturday, January 8, 2011

Penuntun Saat Teduh Pribadi 10 - 16 Januari 2011


Menjalani Hidup Seperti Kristus

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

-Filipi 4:13-

Senin, 10 Januari 2011

Mengahadapi Segala Perkara

Firman hari ini: Filipi 4: 11-13, 1 Korintus 10:13

Pengajaran:

Pernahkah Anda mengalami badai pergumulan di dalam kehidupan Anda? Pergumulan itu biasanya muncul tiba-tiba dan kita tidak tahu kapan ia melanda hidup kita. Namun, Tuhan berjanji Ia akan selalu memberi jalan keluar kepada kita. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan diri kita setiap saat dalam menghadapi hal tersebut. Apa yang harus kita lakukan ketika menghadapi badai itu:

1. Percayalah bahwa Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Roma 8:28).

2. Percayalah pada kekuatan Tuhan dan bukan mengandalkan kekuatan sendiri, (Filipi 4:13).

3. Percayalah kepada Tuhan karena Ia pasti menepati janjiNya untuk menolong kita (I Korintus 10:13).

Ketika kita bergantung kepada Tuhan, kita akan sanggup menghadapi badai pergumulan apa pun yang menghalangi jalan hidup kita. Kita tahu bahwa Tuhan sanggup melakukan segala sesuatu dan tidak ada rencana-Nya yang gagal dalam kehidupan kita.

Selasa, 11 Januaru 2011

Kristus yang Hidup di Dalam Aku

Firman hari ini: Galatia 2:16-21

Pengajaran:

Mengapa banyak orang Kristen hidupnya biasa-biasa saja? Karena mereka menjalani hidup mereka dengan kekuatan sendiri. Padahal Tuhan berjanji, “Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah,”(Yeremia 17:7-8). Adalah salah jika kita menjalani hidup kekristenan dengan mengandalkan kekuatan sendiri. Itulah sebabnya Yeremia berkata, “Beginilah firman TUHAN: Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk,”(Yeremia 17:5-6). Tuhan mau agar kita mengandalkan kekuatan Kristus yang ada dalam kita. Ketika kita mengandalkan kekuatan Kristus, maka hidup kita pasti menghasilkan buah. Bagaimana dengan Anda?

Rabu, 12 Januari 2011

Tuhan Turut Bekerja

Firman hari ini: Roma 8:28-39

Pengajaran:

Pernahkah Anda mengalami hal-hal yang tidak mengenakkan ketika Anda mengikuti Tuhan? Bagaimana respon Anda ketika didiagnosa mengalami sakit kanker stadium 4, padahal Anda telah setia melayani Tuhan seumur hidup Anda? Apakah Anda akan bersyukur kepada Tuhan dalam keadaan yang demikian? Bagaimana respon Anda ketika dikhianati atau ditipu oleh orang yang telah Anda tolong? Banyak orang Kristen yang kecewa dan menyalahkan Tuhan atas kejadian ‘tidak mengenakkan’ yang mereka hadapi dalam kehidupan ini. Pertanyaannya, apakah kita hanya mau untuk mengalami hal-hal yang baik saja dari Tuhan dan bukan hal yang buruk juga? Tidakkah kita sadari bahwa Tuhan turut bekerja di dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan kepada kita sebagai umat pilihan-Nya? Jika kita sulit untuk bersyukur kepada Tuhan, maka tetaplah memandang dan memegang janji Tuhan, bahwa Ia tidak akan pernah membiarkan atau pun meninggalkan kita. Ia adalah Tuhan yang selalu menyertai kita senantiasa. Tuhan selalu menyertai kita dalam segala keadaan, entah baik atau pun tidak baik.

Kamis, 13 Januari 2011

Mati Bagi Dosa

Firman hari ini: Roma 6:1-14

Pengajaran:

Pernahkan Anda melihat jenazah atau mayat seorang laki-laki yang sudah terbaring di dalam peti jenazah masih tergoda juga dengan wanita cantik yang sedang menjenguknya? Jujur kita belum pernah melihat hal yang seperti itu.

Demikianlah gambaran firman Allah tentang ‘kematian’ kita yang ada di dalam Kristus. Ketika kita percaya dan menerima Kristus di dalam hidup kita, maka kita juga sudah mati terhadap dosa dan kita hidup bagi Allah. Sebab, siapa yang telah mati bersama Kristus, ia telah mati terhadap dosa dan ia bebas dari ikatan kuasa dosa. Namun, mengapa masih banyak orang Kristen yang masih terikat oleh dosa? Karena kita sebagai orang percaya tidak terus-menerus tinggal di dalam kebenaran. Setiap orang percaya harus terus-menerus tinggal di dalam kebenaran, sebab kebenaran akan memerdekakan kita dari dosa dan maut. Bagaimana caranya kita tinggal dalam kebenaran? Gampang, yakni kita terus-menerus merenungkan firman Tuhan siang malam, agar firman menjadi iman di dalam kehidupan kita.

Jumat, 14 Januari 2011

Hidup dalam Kasih Karunia

Firman hari ini: Ibrani 12:1-17

Pengajaran:

Apa artinya hidup di dalam kasih karunia? Hidup di dalam kasih karunia adalah kehidupan yang selalu mengandalkan Tuhan di dalam setiap aspek kehidupan kita. Mengapa banyak orang Kristen yang mengalami kepahitan di dalam hidupnya? Karena mereka menjauhkan diri dari kasih karunia Tuhan. Kita tidak sanggup untuk mengampuni orang lain yang berbuat salah kepada kita hanya dengan mengandalkan kekuatan kita sendiri. Kita semua membutuhkan Yesus untuk memberi kekuatan kepada kita. Kasih karunia Tuhan akan memampukan kita untuk mengampuni orang lain. Rasul Petrus berkata, “Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.”(I Petrus 5:10) Penderitaan, orang yang menyakiti kita… semuanya diijinkan Tuhan terjadi dalam kehidupan kita agar kasih karuniaNya dapat melengkapi, meneguhkan,menguatkan dan mengokohkan kita setelah kita menderita seketika lamanya. Rindukah Anda mengalami janji Tuhan ini? Ayo hidup dalam kasih karunia Tuhan.

Sabtu, 15 Januari 2011

Ada Jalan Keluar

Firman hari ini: Mazmur 118:1-29, 1 Korintus 10:13

Pengajaran:

Setiap manusia pasti mengalami pencobaan dalam hidupnya. Meski pencobaan yang dialami setiap orang berbeda-beda, namun apa pun yang Anda alami tidak pernah melebihi kekuatan Anda, karena Allah yang berjanji demikian. Kita harus ingat bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang setia, sehingga apabila kita dicobai, maka Ia pasti memberi kekuatan kepada kita. Ketika dicobai, berdoalah kepada Tuhan yang empunya kekuatan untuk menyediakan jalan keluar kepada Anda. Jangan mengandalkan manusia, karena Anda akan kecewa. Hanya Tuhan yang dapat memberikan pertolongan kepada Anda. Ketika dalam kesesakkan Daud berkata, “TUHAN di pihakku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku? Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada manusia. Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada para bangsawan,” (Mazmur 118:9). Apakah Anda mengalami pencobaan dalam hal sakit penyakit, masalah keuangan, kekhawatiran akan masa depan dan lain-lain. Kepada siapa Anda berharap? Ingatlah bahwa hanya Tuhan yang sanggup mengeluarkan Anda dari segala kesesakkan.

Minggu, 16 Januari 2011

Tuhan Membuat Sesuatu Baru

Firman hari ini: Yesaya 43 :14-21

Pengajaran:

Apakah Anda mengalami kekecewaan, disakiti, diperlakukan tidak adil atau timbulnya luka-luka batin yang membekas di dalam hati Anda? Apakah kekecewaan dan trauma tertentu atas perlakuan orang lain yang kita alami di masa lalu telah menghalangi kita untuk bertumbuh di dalam Tuhan? Kita perlu melepaskan pengampunan kepada orang yang memperlakukan kita demikian, sebab ada janji Tuhan bagi kita tentang masa depan yang indah. Jangan biarkan masa lalu mempengaruhi masa depan yang telah dirancang oleh Tuhan bagi hidup Anda. Jangan Anda terjebak di dalam lumpur kekecewaan, tetapi mulailah berjalan dengan kepala tegak bersama Tuhan di dalam menyongsong kehidupan yang baru bersama Tuhan.

Banyak orang Kristen yang masih mengingat-ngingat masa lalu atau hal-hal yang sudah lalu. Namun Firman Tuhan hari ini memberikan perintah dan janji yang indah kepada kita, yaitu, "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara,”(Yesaya 43:18-19).

No comments: