Tuesday, December 11, 2007

FOKUS KITA

Diperlengkapi untuk Berbuah

Hidup kekristenan harus bertumbuh dan menghasilkan buah. Jika seseorang ingin menghasilkan buah dalam hidupnya maka ia harus diperlengkapi. Eddy Leo dalam bukunya, Touching Heaven Changing Community (THCC), mengatakan bahwa melalui beberapa media seseorang dapat diperlengkapi. Media tersebut adalah pertemuan ibadah korporat, buku, CD/kaset audio, DVD/VCD dan lainnya.

Tetapi, di atas semua itu kita harus selalu ingat bahwa esensi utama dari berbagai media yang tersebut di atas adalah Firman Allah. Sebab, semua media harus selalu memunculkan Firman Allah sebagai landasan yang kokoh. Firman Allah adalah bahan baku utama media-media tersebut. Tanpa Firman Allah, semua media tidak ada artinya. Firman Allah adalah benih dari buah yang akan dihasilkan.

Firman Allah adalah nutrisi utama
Perumpamaan mengenai pokok anggur (Yoh. 15:1-8), memberi tahu kita bahwa sebelum menghasilkankan buah, pohon tersebut membutuhkan nutrisi/makanan yang dibutuhkannya agar dapat bertumbuh dan menghasilkan buah. Setiap ranting dan daunnya mendapatkan nutrisi tentu dari pokok pohon tersebut. Yesus adalah pokok kekristenan. Ia adalah Firman Allah yang hidup dan yang menjadi daging. Ia yang mengalirkan nutrisi Firman Allah kepada kita agar bertumbuh dan berbuah.

Firman mengandung kuasa
Firman bukan sekedar tulisan belaka atau kata-kata kosong. Firman mengandung kuasa Allah yang melebihi kuasa apapun di dunia ini dan sanggup mengadakan berbagai mujizat. Yos. 1:8 berkata, “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” Ternyata, setelah mendapatkan Firman melalui media-media tersebut di atas, kita perlu merenungkan dan mengucapkannya setiap hari. Inilah yang mengaktifkan kuasa Firman Allah dalam hidup kita, sehingga dapat berbuah bagi Allah serta mengalami mujizatNya. Firman Allah harus dinyatakan dalam hidup kita setiap waktu dalam segala situasi. Untuk itu, kita harus tinggal dalam Firman Allah. Kita harus melekat pada Yesus, pokok anggur, sebab kita rantingnya. Jika tidak tinggal pada pokok, maka seumur hidup kita tidak akan pernah berbuah. Kita butuh Yesus untuk menghasilkan buah.

Jadi, bagaimana kita diperlengkapi untuk berbuah? Renungkan, ucapkan dan lakukan Firman Allah! Jadikan Firman sebagai dasar segala yang kita lakukan.(you)

No comments: