Sunday, September 12, 2010

Penuntun Saat Teduh Pribadi 13-19 September 2010

“Anugerah yang Sangat Indah Untuk Dibagikan”

Kamu adalah sahabat-Ku,
jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.
Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,
sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya,
tetapi Aku menyebut kamu sahabat,
karena Aku telah memberitahukan kepada kamu
segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

-Yohanes 15:14-15-

Bahan diambil dan dikembangkan dari: e-4M abbalove


Senin, 13 September 2010
BERANI MEMBERITAKAN ANUGERAH ALLAH
Firman hari ini : Kisah Para Rasul 4:23-30

Pengajaran:
Jemaat mula-mula begitu dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus saat mereka bersekutu. Mereka benar-benar mengalami dan melihat bagaimana Yesus, Sang Anugerah memberikan diri-Nya sebagai korban penebus dosa bagi hidup mereka. Sebab, mereka juga tahu bagaimana meresponi dan membalas anugerah Allah tersebut bagi hidup mereka secara pribadi. Jadi, mereka memberitakan Firman Allah dengan berani. Jika mereka berani, bagaimana dengan Anda? Ingatlah, bahwa Roh Kudus yang telah memenuhi jemaat mula-mula secara dahsyat adalah Roh Kudus yang sama yang diberikan Bapa bagi kita yang kini tinggal di dalam kita.


Selasa, 14 September 2010
SEGERA BERITAKAN ANUGERAH ALLAH
Firman hari ini : Yohanes 4:1-42

Pengajaran:
Masih ingatkah pengalaman pertama kali Anda ketika menerima anugerah Yesus sebagai juruselamat? Pasti Anda begitu dipenuhi kasih dan semangat yang meluap-luap kepada Tuhan. Begitu pula perempuan Samaria itu. Dirinya sadar betul bahwa ia seharusnya tidak layak untuk bisa berhadapan muka dengan muka dengan Yesus, Sang Anugerah. Namun, dengan segera dan tanpa membuang-buang waktu lagi, ia langsung bercerita kepada seluruh isi kota tentang pengalamannya berjumpa dengan Sang Anugerah. Bagaimana dengan Anda saat ini? Masihkah Anda bersegera? Ingatlah, banyak orang di sekitar kita yang membutuhkan anugerah keselamatan dari Tuhan bagi hidup mereka. Bisa jadi, mereka justru orang-orang yang setiap hari kita jumpai, bahkan penghuni rumah kita sendiri.


Rabu, 15 September 2010
YES & DONE
Firman hari ini : Lukas 8:26-39

Pengajaran:
Sikap ketaatan ditunjukkan oleh seorang laki-laki Gerasa yang telah dilayani pelepasan oleh Yesus. Tanpa berbantah dan tanpa berargumen sedikit pun dengan Yesus, ia segera melakukan apa yang diminta Yesus setelah ia diberikan anugerah kelepasan dari roh-roh jahat. Ia mengelilingi kota dan menceritakan kepada setiap orang tentang anugerah yang diberikan Yesus pada dirinya. Sikap "YES and DONE" sudah dilakukan laki-laki ini terhadap perintah Yesus atas anugerah yang diberikan padanya. Bagaimana dengan Anda?


Kamis, 16 September 2010
AMAZING GRACE
Firman hari ini : Lukas 10:25-37

Pengajaran:
Ada baiknya juga bila kita merenungkan perumpamaan ini untuk mengingat siapa kita dahulu sebelum mengenal Yesus. Bukan untuk mengingat-ingat masa lalu kita, melainkan untuk besyukur. Coba nyanyikan dan renungkan lagu ini: “Amazing grace! How sweet the sound, That saved a wretch like me! I once was lost but now am found. Was blind, but now I see.” (versi Indonesia: Ajaib benar anugerahNya! Yang telah selamatkanku! Dulu aku hilang, sekarang ditemukan. Dulu aku buta, sekarang aku melihat). Jika kita merenungkan betapa besar anugerah Allah yang sudah diberikan untuk menebus dosa kita, maka kita akan memiliki sikap yang senantiasa bersyukur. Kita juga pasti mau untuk membagikan kasih dan anugerah Allah kepada orang lain yang membutuhkan. Sudahkah kita melakukannya? Mari ingat wajah-wajah mereka di luar sana atau bahkan di dalam rumah kita sendiri, yang sangat memerlukan anugerah Tuhan. Biarkan mereka mengalami indahnya anugerah Tuhan yang besar melalui hidup kita sebagai salurannya.


Jumat, 17 September 2010
TIDAK MALU BERSAKSI
Firman hari ini : Yohanes 9:1-41

Pengajaran:
Meskipun diejek dan ditekan oleh orang-orang Farisi, namun orang yang sudah buta sejak lahir yang baru saja disembuhkan oleh Yesus tetap konsisten dan berani bersaksi tentang anugerah Allah yang dialaminya. Ia tidak malu, bahkan ia tidak ragu sedikit pun. Ia berani menyatakan kepada orang-orang Farisi tentang perbuatan dan anugerah Yesus kepada dirinya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda malu dan ragu? Jangan malu ataupun ragu akan kebenaran yang ada pada diri Anda. Ceritakan kepada mereka, supaya mereka turut mengalami kebenaran yang akan memerdekakan hidup mereka selamanya.


Sabtu, 18 September 2010
SAHABAT ALLAH
Firman hari ini : Yohanes 15:9-17

Pengajaran:
Luarbiasa! Kita dipandang sebagai sahabatnya Allah. Seorang sahabat berbagi kasih satu sama lain. Seorang sahabat memiliki hubungan yang dekat. Seorang sahabat memahami apa yang diinginkan sahabatnya. Sebagai sahabatnya Kristus, tentunya kita sudah banyak menerima kasih karunia dan anugerah selama ini. Lalu apa yang bisa kita berikan kepada Kristus, sahabat sekaligus Tuhan kita? Kristus minta supaya kita pergi, menghasilkan buah dan buahnya tetap. Sudahkah Anda lakukan hai sahabatNya Kristus?


Minggu, 19 September 2010
DO IT NOW!
Firman hari ini : Matius 28:16-20

Pengajaran:
Bukan saatnya lagi bagi kita untuk bermain-main dengan hidup kita sembarangan alias sak karepe dewe. Sudah waktunya dan sudah sepatutnya bagi kita untuk menghargai karya keselamatan yang dianugerahkan kepada kita. Caranya? Mengerjakan perintah Yesus untuk menjadikan semua bangsa muridNya. Jangan buang waktu. Jangan tunda. Jangan banyak alasan. Do it now! Lakukan sekarang! Tak peduli apapun jabatan Anda, posisi Anda, fungsi pelayanan Anda, status sosial Anda, jika Anda mengaku murid Yesus, maka Anda harus mengerjakan apa yang Guru Anda perintahkan. Itu adalah Amanat Agungnya bagi Anda.

No comments: